Sukses


UEFA Akan Pindahkan Final Four Liga Champions ke Jerman?

Bola.com, Jakarta - UEFA dikabarkan akan memakai sistem final four untuk semifinal dan final Liga Champions 2019-2020. UEFA juga dilaporkan bakal memindahkan tempat pertandingan dari Turki ke Jerman.

Konsep sistem final four ialah sejak babak semifinal tidak ada laga kandang-tandang. Pertandingan digelar dalam empat hari di satu kota.

Penanganan wabah virus corona yang baik disebut menjadi alasan UEFA memindahkan laga semifinal dan final ke Jerman. 

Di antara negara Eropa, Jerman terhitung cukup baik dalam mengendalikan penyebaran virus. Kasus COVID-19 di Jerman memang mencapai 182.452 per Jumat (29/5/2020). Namun, tingkat kematian di Jerman cenderung kecil, yakni 8.570 dan 164.100 sudah sembuh.

Catatan kematian di Jerman juga paling rendah di antara negara Eropa lainnya yang mencapai puluhan ribu. Itu sebabnya, Jerman sudah memulai aktivitas kembali, termasuk Bundesliga, dengan protokol kesetahan yang ketat.

Bundesliga juga menjadi percontohan bagi liga-liga Eropa yang akan melanjutkan kompetisi di tengah pandemi.

Sky Sport Italia mengklaim, UEFA ingin melanjutkan Liga Champions pada 7 dan 8 Agustus. Pertandingan 16 besar yang tersisa ialah Barcelona versus Napoli, Juventus kontra Lyon, Manchester City versus Real Madrid, dan Bayern Munchen melawan Chelsea. Kemudian, perempat final akan digelar pada 13 dan 14 Agustus.

Sebelumnya, sudah ada pembicaraan tentang formula Final Four di Instabul, Turki. Tetapi laporan itu juga mengklaim semifinal dan final mungkin dimainkan di Jerman. 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Tuntaskan Liga Domestik

Saat ini, UEFA memprioritaskan kompetisi domestik dulu. Bundesliga sudah melanjutkan kompetisi, kemudian menyusul Premier League dan Serie A pada pertengahan Juni mendatang.

UEFA menilai ini harus dilakukan untuk menyelamatkan keuangan klub-klub di Eropa. Setelah itu rampung, baru mereka akan menggelar final Liga Champions dan Liga Europa pada Agustus.

Sebelumnya, final Liga Champions akan digelar di Istanbul dan Liga Europa di Gdansk, Polandia. Rencananya final Liga Champions akan digelar pada 29 Agustus. Sedangkan fase grup musim baru Liga Champions dimulai pada 20 Oktober.

Sumber: Football Italia

Video Populer

Foto Populer