Sukses


Kala Timnas Indonesia Bernasib Lebih Mujur dibanding Barcelona: Hanya Dihajar 1-5 oleh Bayern Munchen

Bola.com, Jakarta - Nama Tim Nasional Indonesia ikut terseret dalam pesta gol Bayern Munchen ke gawang Barcelona pada babak perempat final Liga Champions 2019/2020 di Estadion da Luz, Sabtu (15/8/2020) dini hari WIB. Penyebabnya, keduanya sama-sama pernah dibantai oleh tim berjulukan The Bavarian itu.

Secara hasil pertandingan, Timnas Indonesia bernasib lebih mujur dibanding Barcelona. Tim dengan sebutan lain Skuad Garuda ini hanya kalah 1-5 dalam partai uji coba pada 2008.

Bandingkan dengan Barcelona. Lionel Messi dan kawan-kawan tanpa ampun dihabisi 2-8 oleh Munchen. Armada Quique Setien dibuat tidak berdaya dan tersingkir dari Liga Champions.

Di atas kertas, kekuatan kedua klub sebenarnya berimbang. Baik Barcelona dan Munchen adalah kedua kesebelasan terpandang di pergaulan internasional.

Kekalahan, dengan gelontoran delapan gol, tentu begitu memalukan bagi Barcelona. Apalagi, hasil tersebut masuk buku rekor klub. Kekalahan tersebut menjadi yang terbesar ketiga sepanjang sejarah.

Video

2 dari 3 halaman

Tur Munchen ke Asia

Munchen melakukan tur Asia pada 2008 sebelum Bundesliga dimulai. Indonesia menjadi negara pertama dari tiga negara yang dikunjungi The Bavarian selain India dan China.

Munchen tiba di Jakarta pada 20 Mei 2020 dengan membawa 17 pemain senior plus empat pemain junior. Nama-nama beken semisal Luca Toni, Miroslav Klose, Franck Ribery, Lukas Podolski, dan Bastian Schweinsteiger tidak dibawa.

The Bavarian menantang Timnas Indonesia bermodalkan skuad yang tersisa. Masih Ada Oliver Kahn, Mark Van Bommel, Ze Roberto, Jose Ernesto Sosa, dan Toni Kroos untuk meredam Bambang Pamungkas dan kawan-kawan.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 21 Mei 2008 tersebut, Munchen berhasil mengatasi perlawanan Timnas Indonesia dengan skor 5-1.

Lima gol Munchen diciptakan oleh Breno Borges pada menit ke-20, Viktor Bopp (24'), Jan Schlaudraff (33', 81), dan Toni Kroos (87'). Adapun, gol semata wayang Timnas Indonesia lahir dari kepala Bambang Pamungkas pada menit ke-61.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Timnas Indonesia Vs Bayern Munchen

Timnas Indonesia (4-3-3): Jendri Pitoy (k); Ricardo Salampessy, Maman Abdurrahman, Charis Yulianto, Mahyadi Panggabean (b); Ponaryo Astaman, Syamsul Chaeruddin, Firman Utina (t); Elie Aiboy, Budi Sudarsono, Bambang Pamungkas (d)

Pelatih: Benny Dollo

Cadangan: Markus Horison, Fandi Mochtar, Nova Arianto, Muhammad Roby, Heru Nerli, Hariono, Legimin Raharjo, Ian Kabes, Eka Ramdani, Saktiawan Sinaga

Bayern Munchen: Oliver Kahn; Ze Roberto, Andreas Ottl, Mark van Bommel, Jan Schlaudraff, Jose Ernesto Sosa, Toni Kroos, Breno Borges, Uwe Scholottner, Viktor Bopp, Diego Contento.

Pelatih: Ottmar Hitzfeld

Cadangan: Diego Enrique Pizarro, Michael Rensing, Bernd Dreher, Christian Lell, Dominik Rohracker, Taygun Kuru, Gianluca Simari

Video Populer

Foto Populer