Sukses


Kejutan untuk UEFA, Rusia Ajukan Proposal untuk Jadi Tuan Rumah Euro 2028 dan 2032

Bola.com, Jakarta - Sebuah kejutan dilakukan Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) dan sukses membuat UEFA dan negara anggota lainnya kaget. Rusia mengajukan sebuah proposal untuk menjadi tuan rumah Piala Eropa atau Euro edisi 2028 dan 2032, pada Rabu (23/3/2022).

Awalnya, untuk Euro 2028 diperkirakan hanya akan ada pengajuan bersama yang dilakukan Inggris dan Irlandia. Begitu pun Turki yang tertarik untuk menggelar Euro 2032.

Namun, sebuah manuver mengejutkan dilakukan oleh Rusia. RFU mengajukan proposal resmi untuk bisa menggelar Piala Eropa setelah sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018.

"Komite Eksekutif memutuskan kami akan mengajukan diri menjadi tuan rumah Euro 2028 dan Euro 2032," ujar anggota Komite Eksekutif RFU, Sergey Anokhin, sepert idilansir dari Marca.

 

2 dari 2 halaman

Rusia Saat Ini Tidak Terlibat dalam Kompetisi UEFA dan FIFA

Pengajuan diri Rusia untuk menjadi tuan rumah Euro 2028 dan 2032 menjadi kejutan tak lepas dari fakta bahwa saat ini Rusia tengah dikeluarkan dari kompetisi yang digelar oleh UEFA dan FIFA.

Keputusan mengeluarkan Rusia dari kompetisi internasional dilakukan UEFA dan FIFA sebagai reaksi dari invasi yang dilakukan oleh Rusia terhadap Ukraina yang tengah berlangsung.

Dengan adanya tekanan geopolitik terhadap Rusia membuat mereka dikeluarkan dari banyak turnamen olahraga di seluruh dunia.

Tentu akan menarik bagaimana UEFA menyikapi pengajuan diri Rusia untuk menggelar Euro 2028 dan 2032, di mana kepastian tuan rumah Piala Eropa edisi tersebut akan dikonfirmasi pada September 2023, sebelum Jerman menjadi tuan rumah Euro 2024.

 

Sumber: Marca

Video Populer

Foto Populer