Sukses


Luar Biasa! Usia Belum Genap 20 Tahun, 4 Pemain Ini Sudah Jadi Andalan di Klub Top Eropa

Bola.com, Jakarta - Sepak bola Eropa memang menjadi kiblat bagi klub maupun pemain terbaik. Deretan pemain berkelas dunia ada di sana, sebagai contohnya Kylian Mbappe dan Erling Haaland.

Kylian Mbappe dan Erling Haaland merupakan contoh pemain yang konsisten sejak usia belasan tahun. Saat ini, Mbappe menjadi pilar kunci PSG dan Timnas Prancis. Haaland jadi andalan Manchester City dan Timnas Norwegia.

Contoh pemain muda menonjol lainnya adalah Jamal Musiala yang tampil mengesankan pada awal musim 2022/2023 bersama Bayern Munchen. Menariknya, Musiala menjadi tulang punggung Die Roten ketika usianya baru 19 tahun. Sangat muda.

Klub-klub top Eropa memang dikanal punya strategi dengan berinvestasi pada pemain muda. Namun, beberapa tahun terakhir, klub-klub top Eropa berani memberi panggung besar untuk para pemain muda.

Musim ini, terdapat beberapa pemain muda berusia 19 tahun yang mampu menembus tim utama klub top Eropa. Siapa saja mereka? Berikut empat pemain berusia 19 tahun yang menjadi pilar klub top Eropa.

2 dari 5 halaman

Eduardo Camavinga

Real Madrid menjadi klub yang sukses dalam regenerasi pemain. Eduardo Camavinga menjadi bukti keberhasilan Real Madrid dalam melakukan regenerasi.

Camavinga yang baru berusia 19 tahun mampu menembus tim utama Real Madrid musim ini. Walau tidak selalu jadi pilihan utama, Camavinga selalu tampil bagus ketika dimainkan.

Camavinga mampu mengimbangi permainan jenderal lapangan tengah Real Madrid, Luca Modric. Camavinga memang disiapkan Real Madrid sebagai suksesor Modric yang sudah berusia 37 tahun.

3 dari 5 halaman

Jamal Musiala

Bayern Munchen kembali menerbitkan bakat muda mereka. Musim ini menjadi giliran bagi Jamal Musiala bersinar di skuat The Bavarians.

Musiala yang bermain sebagai gelandang serang mampu bersaing dengan pemain-pemain top Bayern Munchen. Musiala bahkan mampu memimpin daftar top skor Munchen musim ini dengan lesakkan enam golnya.

Pemain berusia 19 tahun ini mampu meyumbangkan kontribusi di lima gol Bayern Munchen di Bundesliga. Penampilan memukau Musiala membuatnya masuk dalam nominasi Golden Boy 2022.

4 dari 5 halaman

Pedri

Barcelona banyak diperkuat pemain muda sejak musim 2021/2022 lalu. Pedri menjadi nama yang menonjol diantara pemain muda Barcelona lainnya.

Pemain berusia 19 tahun mampu menembus skuat utama Barcelona di bawah racikan Xavi Hernandez. Pedri bahkan mampu menggeser nama besar seperti Franck Kessie hingga Frenkie De Jong.

Pemenang Golden Boy 2021/2022 ini mampu bermain apik di lini tengah Barcelona sejak musim lalu. Pedri yang masih muda bahkan mampu meyakinkan pelatih timnas Spanyol Luis Enrique dengan performanya.

5 dari 5 halaman

Jude Bellingham

Masa depan lini tengah timnas Inggris cukup aman dengan keberadaan Jude Bellingham. Pasalnya, pemain berusia 19 tahun ini telah memiliki pengalaman yang cukup banyak di level klub bersama Borussia Dortmund.

Bellingham yang berposisi sebagai gelandang saat ini bermain reguler bagi tim Bundesliga tersebut. Bellingham bahkan tercatat telah memainkan 100 laga bersama Borussia Dortmund.

Penampilan konsisten Bellingham mampu membawanya masuk dalam nominasi Golden Boy 2022. Permainan gemilang Bellingham juga membuatnya masuk dalam radar Liverpool sebagai pemain masa depannya.

Sumber: Transfermarkt dan Goal

Disadur dari: Bola.net (Ahmad Daerobby/Asad Arifin, published 21/9/2022)

Video Populer

Foto Populer