Sukses


4 Pemain Mesin ATM Benfica: Overprice, Customer Banyak yang Komplain

Bola.com, Jakarta - Benfica. Klub ini paling sering cuan dengan menjual pemain-pemainnya ke tim elite Eropa.

Benfica mematok harga yang cukup tinggi untuk gelandang mudanya, Enzo Fernandez. Siapapun yang ingin memboyongnya harus siap membayar sebesar 120 juta euro.

Tidak hanya harga selangit, klub yang berminat harus bersedia membayar penuh di awal. Jika tidak, transfer Enzo Fernandez dipastikan tidak akan pernah terjadi.

Jika ada yang siap memenuhi permintaan itu, Enzo Fernandez tentu akan menjadi sumber cuan Benfica. Mereka memang sering menjual pemain dengan harga selangit.

Berikut empat penjualan termahal Benfica dalam 5 musim terakhir yang menjadi sumber pendapatan bagi kontestan Liga Portugal tersebut.

2 dari 5 halaman

Benfica

Benfica mendapat dana segar sebesar 40 juta euro setelah menjual Ederson ke Manchester City. Transfer tersebut terjadi pada musim panas 2017.

Ederson sebenarnya didatangkan dengan harga yang cukup murah. Penjaga gawang asal Brasil tersebut ditebus seharga 500 ribu euro dari Rio Ave FC pada musim panas 2015.

Namun, sebelum kembali ke pangkuan Benfica, Ederson sebenarnya sudah ditempa di akademi The Eagles. Mereka membawanya langsung dari Sao Paulo pada tahun 2010.

3 dari 5 halaman

Ruben Dias

Sama dengan Ederson, transfer Ruben Dias juga melibatkan Benfica dan Manchester City. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah dijual pada bursa transfer musim panas 2020.

Benfica mendapatkan dana sebesar 71,6 juta euro dari transfer Ruben Dias. Pemain kelahiran Amadora, Portugal tersebut merupakan hasil ini binaan dari akademi The Eagles.

Ruben Dias juga baru mendapat kesempatan promosi ke tim senior pada tahun 2017. Sebelum akhirnya dilepas ke Manchester City tiga tahun kemudian.

4 dari 5 halaman

Darwin Nunez

Transfer Darwin Nunez baru terjadi pada musim panas 2022. Benfica melepasnya ke Liverpool dengan mahar sebesar 80 juta euro.

Darwin Nunez juga menjadi penjualan termahal kedua dalam sejarah Benfica. Dia juga menjadi pemain termahal ketiga yang datang ke Inggris pada bursa transfer musim panas 2022.

Benfica mendapatkan Darwin Nunez dari klub Spanyol, UD Almeria. Mereka menebusnya sebesar 34 juta euro pada bursa transfer musim panas 2020.

Tapi, Darwin Nunez belum menunjukkan level harganya di Liverpool. Meski masih dibela sang manajer Jurgen Klopp, Nunez selalu menjadi sasaran kritik suporter.

Tak sedikit yang mengeluh penjual alias Benfica, yang terlalu mahal menetapkan harga.

5 dari 5 halaman

Joao Felix

Joao Felix masih menjadi pemain yang paling banyak mendatangkan cuan bagi Benfica. Pemain kelahiran Viseu, Portugal tersebut dilepas ke Atletico Madrid dengan mahar 127,2 juta euro.

Penyerang 23 tahun tersebut meniti karier dari bawah di Benfica setelah sebelumnya sempat bergabung dengan akademi FC Porto. Dia dipromosikan ke tim senior pada tahun 2018.

Hanya satu tahun di tim senior, Joao Felix langsung dijual. Tapi, Benfica kesulitan menemukan pembeli yang bisa memenuhi kriteria harga. Paling tidak, mereka tidak rugi.

Atletico lalu meminjamkan Felix ke Chelsea sampai akhir musim ini.

Disadur dari: Bola.net (Mustopa El Abdy/Serafin Unus Pasi)

Video Populer

Foto Populer