Sukses


Pertama dalam Sejarah Wasit Keluarkan Kartu Putih dalam Laga Benfica Vs Sporting, Kok Bisa?

Bola.com, Lisbon - Ada pemandangan menarik dalam laga perempat final Piala Wanita Portugal yang digelar Sabtu (21/1/2023). Ada kartu putih yang keluar dari kantong wasit dalam laga yang mempertemukan Benfica melawan Sporting Lisbon tersebut.

Menurut Sky Sports, wasit Catarina Campos mengeluarkan kartu putih setelah staf medis dari kedua klub bergegas membantu seorang penggemar yang pingsan di tribune. Itu terjadi ketika Benfica sedang unggul 3-0 atas Sporting.

Kartu putih itu dikeluarkan wasit sebagai apresiasi terhadap tindakan fair play yang terjadi dalam pertandingan tersebut. Fans di Estadio da Luz di Lisbon pun langsung bersorak bahagia setelah kartu itu keluar

2 dari 4 halaman

Hanya Portugal

Kartu tersebut diperkenalkan sebagai bagian dari inisiatif Rencana Etika Olahraga Nasional Portugal untuk mendorong permainan yang adil dan telah diadopsi oleh Federasi Sepak Bola Portugal.

Sejauh ini hanya Portugal yang memiliki aturan terkait kartu putih tersebut. Mereka tampak tak mau hanya menggunakan kartu merah dan kuning saja.

Dua kartu tersebut memang selama ini digunakan untuk menghukum pemain yang melakukan pelanggaran. Mereka ingin adanya apresiasi kepada pemain dan mereka yang terlibat di lapangan.

3 dari 4 halaman

Kartu Hijau

Selain kartu putih, merah dan kuning, sepak bola juga sempat memiliki kartu hijau. Kartu hijau pertama kali dikeluarkan pada 4 Oktober 2016 dalam laga Virtus Entella vs Vicenza di Serie B Italia.

Sejarah itu bermula saat penyerang Vicenza, Cristian Galano, mendapatkan umpan dari sisi kanan pertahanan Virtus. Mendapat peluang matang, Galano langsung melepaskan sepakan menuju gawang. Sayangnya, upaya pemain tersebut gagal berbuah gol karena melambung.

Wasit sempat menunjuk tiang sepak pojok menandakan akan adanya tendangan penjuru. Namun, Galano meminta wasit tak memberikan tendangan penjuru kepada timnya. Ia merasa bola memang tidak menyentuh tubuh pemain lawan. Atas tindakannya itu, Galano mendapatkan kartu hijau dari wasit.

4 dari 4 halaman

5-0

Laga tersebut berakhir dengan skor 5-0 untuk kemenangan Benfica . Mereka berhasil melaju ke semifinal.

Pertandingan tersebut juga mencetak rekor kehadiran baru untuk sepak bola wanita di Portugal, dengan 15.032 penggemar hadir, mengalahkan rekor sebelumnya 14.221 yang terlihat pada Mei tahun lalu.

Sumber: Sky Sports, The Sun

Video Populer

Foto Populer