Sukses


Kartu Putih dan 4 Inovasi Baru Lainnya di Sepak Bola: Fans Harus Tahu Nih!

Bola.com, Jakarta - Tak sedikit suporter sepak bola yang terheran-heran saat melihat wasit mengeluarkan kartu putih. Penggunaan kartu putih pertama kali dalam sejarah sepak bola profesional terjadi di Portugal, pekan lalu.

Momen kartu putih itu tepatnya dikeluarkan saat liga sepak bola wanita atau Liga Feminina Portugal antara Sporting Lisbon melawan Benfica. Lalu apa fungsi dari kartu putih ini?

Pertandingan tersebut dipimpin oleh Catarina Campos. Dia wasit yang pertama kali mengeluarkan kartu putih dalam sejarah sepak bola. Setelah memberikan kartu putih, dia justru mendapat tepuk tangan meriah.

Kartu putih ini merupakan inovasi terbaru dari permainan sepak bola. Selain kartu putih, ada empat inovasi lainnya yang bakal digunakan dalam permainan sepak bola profesional.

Berikut lima inovasi yang bakal digunakan dalam sepak bola profesional termasuk kartu putih. Simak juga aturan dan penjelasannya.

 

2 dari 6 halaman

1. Kartu Putih

Meskipun dikeluarkan dengan cara yang persis sama seperti kartu kuning atau merah, kartu putih bukanlah sebuah hukuman. Kartu putih diberikan untuk tim atau pemain yang melakukan aksi fair play dalam pertandingan.

Kartu putih muncul berkat inisiatif Lembaga Etika Olahraga Nasional Portugal untuk mendorong aksi fair play dalam pertandingan olahraga. Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) mengadopsi inisiatif tersebut untuk pertandingan sepak bola.

Saat ini, kartu putih saat ini hanya digunakan dalam pertandingan di bawah kendali FPF.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Penjelasan Lengkap Keputusan VAR

Meskipun VAR bertujuan menjernihkan kontroversi saat pertandingan, terkadang malah memicu masalah dan membuat pemain maupun pelatih kebingungan. Bahkan saat menyaksikan pertandingan secara langsung, penonton semakin dibuat bingung karena mendapatkan penjelasan yang lebih sedikit daripada menonton di televisi.

Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional melakukan uji coba selama 12 bulan untuk memperdengarkan penjelasan langsung wasit terkait VAR melalui penyiar di stadion serupa di Rugby Union dan NFL. Manuver ini akan dimulai dari laga Piala Dunia antarklub di Maroko.

 

4 dari 6 halaman

3. Sistem Offside Semi-otomatis

Liga Champions dan Piala Dunia 2022 sudah memakai teknologi baru, yaitu memutuskan tentang offside hanya membutuhkan beberapa detik. Teknologi ini menggunakan 12 kamera di sekitar stadion untuk melacak pergerakan pemain dan bola.

Teknologi yang juga menggunakan kecerdasan buatan untuk memantau 12 poin pada tubuh pemain ini akan diterapkan pada sejumlah liga domestik Eropa. Liga Italia yang pertama menggunakannya pada Januari 2023.

 

5 dari 6 halaman

4. Tambahan Waktu

Sepanjang Piala Dunia 2022 sudah diterapkan pemberian tambahan waktu dengan aturan baru. Setiap pertandingan tambahan waktunya bisa sangat panjang, bahkan lebih dari 10 menit. 

Federasi sepak bola dunia atau FIFA memutuskan memperpanjang tambahan waktu (additional time) di setiap laga. Tambahan waktu yang panjang tersebut untuk mengganti waktu yang terbuang di lapangan, karena berbagai alasan, seperti karena ada pemain yang cedera atau merayakan gol.   

Di Premier League, wasit sudah diminta mengawasi ketat jika ada pemain atau tim yang mengulur-ulur waktu. Namun masih banyak perdebatan tentang tambahan waktu yang begitu panjang di Eropa.

 

6 dari 6 halaman

5. Kamera di Tubuh Wasit

Anggota parlemen sepak bola selalu tertarik menerapkan aturan baru demi menghormati sportivitas dalam permainan. Satu di antara aturan baru tersebut adalah penggunaan kamera di tubuh wasit bahkan di liga negara-negara berkembang.

Fungsi kamera itu tidak hanya untuk mendeteksi jalannya laga, tetapi juga menjaga keselamatan wasit. International Football Association Board (IFAB) selalu mendiskusikan hal ini dalam agenda rapat tahunan mereka.

Sumber: Give Me Sport 

 

Video Populer

Foto Populer