Sukses


13 Raja Assist di Liga-liga Top Eropa pada 2023: Wakil Premier League Minim Nih

Bola.com, Jakarta - Nama Leandro Trossard, Bruno Fernandes, dan Khvicha Kvaratskhelia muncul menjadi raja assists pada 2023. Ketiga pemain itu yang begitu mendominasi sebagai pengumpan terbaik dan terbanyak di lima liga teratas Eropa musim ini

Trossard memulai kehidupan barunya di London Utara dengan sangat baik karena sudah mencatatkan enam assist tahun ini. Tiga di antaranya datang saat melawan Fulham, dengan mengemas hat-trick assist. 

"Ketika kita berbicara tentang ketenangan dan menemukan warna yang tepat, saat semuanya terlihat sangat buram di dalam kotak dan banyak pemain terburu-buru mengoper, Trossard justru sebaliknya," kata manajer Arsenal Mikel Arteta kepada Sky Sports saat membahas wingernya tersebut.

"Ini kecerdasan sepak bola," tambah Arteta. "Dia sangat pintar, langsung memahami apa yang kami inginkan, apa yang dibutuhkan. Dia mengeksekusinya dengan sangat baik," lanjutnya.

Selain Trossard, siapa lagi yang menjadi raja assists di Eropa? Berikut peringkat 10 besar raja assist dari lima liga top Eropa pada 2023.

 

2 dari 5 halaman

Raja di Liga Inggris

Sementara itu di Premier League, pemain Manchester United, Bruno Fernandes, kembali menyuguhkan kreativitas terbaiknya tahun ini. Fernandes menjadi pemain kunci untuk Manchester United di bawah asuhan Erik ten Hag pada musim ini.

Fernandes telah menghasilkan 71 operan kunci di Liga Inggris, alias 44 lebih banyak daripada yang pernah dilakukan pemain lain. Selain menjadi kekuatan kreatif, ia juga mencetak 10 gol di semua kompetisi.

 

3 dari 5 halaman

Raja di Liga Italia

Liga Italia sedang naik daun pada musim ini setelah mengirimkan tiga wakilnya ke Liga Champions musim ini. Italia memiliki wakil paling banyak.

Kejutan terbesar adalah kehadiran Napoli yang merupakan pemuncak klasemen Serie A dan menapakan kakinya hingga perempat final Liga Champions.

Kesuksesan Napoli ini juga berkat pemain kreatif asal Georgia berusia 22 tahun Khvicha Kvaratskhelia yang memanjakan striker Victor Osimhen. Bukan tidak mungkin Napoli bisa menjadi kejutan di Liga Champions musim ini.

 

4 dari 5 halaman

Nomor Satu

Sejak menjuarai Piala Dunia, Paulo Dybala tampil bagus di AS Roma dan juga masuk dalam daftar. Playmaker Argentina ini membukukan enam assist selama tahun kalender ini, beberapa di antaranya terus berlanjut.

Namun, juara dari daftar ini adalah Raphael Guerreiro dari Borussia Dortmund. Dia menempati puncak daftar ini dengan delapan assist pada 2023. Dortmund saat ini berada di puncak klasemen Bundesliga dan bek sayap asal Portugal itu juga terus bersemangat meraih gelar.

 

5 dari 5 halaman

10 Besar Raja Assist Eropa

  • 1. Raphael Guerreiro (Borussia Dortmund): 8 assist
  • 2. Khvicha Kvaratskhelia (Napoli):  7 assist
  • 3. Domenico Berardi (Sassuolo): 6 assist
  • 3. Paulo Dybala (AS Roma): 6 assist
  • 3. Florian Wirtz (Bayer Leverkusen): 6 assist
  • 3. Leandro Trossard (Arsenal): 6 assist
  • 3. Jeremie Frimpong (Bayer Leverkusen): 6 assist
  • 3. Bruno Fernandes (Manchester United): 6 assist
  • 9. Andrea Petagna (Monza): 5 assist
  • 9. Jeremie Boga (Atalanta): 5 assist
  • 9. Edon Zhegrova (Lille): 5 assist
  • 9. Christopher Antwi-Adjei  (VfL Bochum): 5 assist
  • 9. Nicolo Fagioli (Juventus): 5 assist

 

Sumber: Sportbible 

Video Populer

Foto Populer