Sukses


7 Kambing Hitam Paling Menyedihkan dalam Sepak Bola: Jadi Korban Bully sampai Rasisme

Bola.com, Jakarta - Siapa pemain yang paling dirundung sedunia? Mungkin kali ini gelar itu ada pada bek Manchester United, Harry Maguire.

Maguire sudah sering menjadi bulan-bulanan fans MU dalam beberapa musim terakhir. Namun, ia menunjukkan penampilan solid bersama Timnas Inggris di Piala Dunia 2022.

Akan tetapi, Maguire yang sudah sering dicap buruk, membuat satu kesalahan di tim nasional, yakni mencetak gol bunuh diri saat Timnas Inggris melawan Skotlandia dalam laga persahabatan.

Timnas Inggris menang atas Skotlandia untuk merayakan peringatan 150 tahun pertandingan pertama yang dimainkan antara kedua negara di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Rabu (13/9/2023).

Pasukan Gareth Southgate menang 3-1 berkat gol Phil Foden, Jude Bellingham, dan Harry Kane, tetapi gol yang mereka kebobolan itulah yang membuat media sosial ramai setelahnya.

Saat Inggris unggul 2-0 di babak pertama, masuklah Harry Maguire menggantikan Marc Guehi yang solid di jantung pertahanan. Setelah awal yang baik, mantan kapten Manchester United itu mengarahkan bola Andy Robertson melewati kipernya dan masuk ke gawangnya sendiri.

Harry Maguire lalu kembali dirundung dan diejek. Tak hanya fans Inggris dan MU, tapi juga Skotlandia. Sampai sang ibu angkat bicara.

Kisah Harry Maguire juga terdapat di enam pemain berikut ini.

2 dari 7 halaman

Mesut Ozil

Keterpurukan yang dialami Mesut Ozil sungguh luar biasa. Dia berubah dari salah satu pemenang Piala Dunia dan menjadi orang buangan di Arsenal hanya dalam hitungan tahun.

Dia tampaknya dengan sempurna mewujudkan era akhir masa Arsene Wenger di London Utara. Pernah dipuja tetapi  tidak diinginkan, kontraknya akhirnya dicabut dengan sisa enam bulan lagi.

Para kritikus sering menyebut ozil sebagai orang yang harus disalahkan. Dia juga menimbulkan banyak kontroversi di panggung internasional, akhirnya meninggalkan tim nasional Jerman dengan alasan rasisme dan rasa tidak hormat terkait dengan darah Turki-nya.

3 dari 7 halaman

Mykhailo Mudryk

Dia mungkin masih berada di tahap awal kariernya, tetapi Mudryk sudah menjadi berita utama setiap kali ada masalah yang menimpanya di lapangan.

Dia tentu saja tidak tertolong oleh kenyataan bahwa dia tampak putus asa untuk bergabung dengan Arsenal pada Januari lalu, namun akhirnya berakhir di Chelsea, dengan biaya transfer yang sangat besar sekitar £88,5 juta.

Sejak kepindahan itu, ia gagal mencetak satu pun gol kompetitif untuk The Blues dan hanya membuat dua assist dalam 20 penampilan pertamanya untuk klub. Lebih dari itu, dia terlihat sangat mentah untuk ukuran pemain yang memiliki biaya transfer tinggi.

Sebagai konsekuensinya, dengan tim Todd Boehly yang amburadul di dalam dan di luar lapangan selama beberapa waktu, Mudryk sering menjadi sosok yang diejek sebagai salah satu dari banyak alasan di balik kesulitan klub baru-baru ini.

4 dari 7 halaman

Gareth Bale

Meski memiliki karier yang luar biasa, Bale pernah dianggap sebagai pembawa sial.

Jejaknya di Real Madrid berakhir dengan catatan yang agak buruk. Masalah kebugaran awalnya menghentikan momentumnya di Spanyol dan akhirnya, para penggemar berpaling padanya karena ia tampak seperti pemain aneh yang bermain untuk Los Blancos.

Keengganannya berbicara bahasa Spanyol di depan umum juga tidak membantu. 

5 dari 7 halaman

David Beckham

Dari satu pemain Man Utd ke pemain lainnya, Beckham akan lebih dikenang daripada Maguire, dan meskipun ia kini menikmati status sebagai ikon yang sangat dicintai, tidak bisa dilupakan bahwa mantan kapten Inggris itu pernah menjadi kambing hitam besar dalam kariernya.

Itu semua berkaitan dengan satu insiden terkenal di Piala Dunia 1998.

Sang gelandang berubah dari kesayangan negara menjadi musuh publik nomor satu saat ia mendapat kartu merah karena menyerang Diego Simeone pada pertandingan babak 16 besar melawan Argentina.

Setelah awalnya memimpin pertandingan, dengan Beckham dikeluarkan dari lapangan, The Three Lions akhirnya kalah melalui adu penalti. 

6 dari 7 halaman

Roberto Baggio

Pemain asal Italia ini adalah gelandang kreatif yang brilian pada zamannya, memukau penonton Serie A selama bertahun-tahun. Namun, bagi banyak orang, dia paling dikenang karena penaltinya yang gagal.

Baggio menjadi alasan utama mengapa negaranya mencapai final Piala Dunia FIFA 1994 dengan mencetak lima gol di turnamen tersebut. Baggio langsung menjadi sosok yang dibenci di Italia karena ia gagal mengeksekusi penalti yang menentukan dalam kekalahan adu penalti melawan Brasil, membuatnya sangat terpukul. Dia tidak pernah menjadi pemain yang sama sejak saat itu dan seterusnya.

7 dari 7 halaman

Diego Maradona

Maradona akan tercatat sebagai salah satu tokoh paling kontroversial dalam dunia sepak bola. Di Inggris saja, beberapa orang tidak akan pernah memaafkannya atas gol Tangan Tuhannya di Piala Dunia 1986. 

Setelah mendapatkan cinta dan pemujaan dari para penggemar Napoli, ia dengan berani menyarankan agar Napoli mendukung Argentina dibandingkan Italia ketika kedua tim bertemu di semifinal Piala Dunia 1990.

Karena turnamen tersebut diadakan di negara Eropa, dia diserang karena komentarnya oleh pers sebelum pertandingan. Dia hanya memperburuk keadaan ketika dia mencetak gol penalti dalam adu tos-tosan untuk mengusir negara asalnya. Selain itu, gaya hidupnya yang liar menuai kritik, menjadikannya kambing hitam hampir selamanya di seluruh dunia.

Sumber: Give Me Sport

Video Populer

Foto Populer