Sukses


UEFA Pastikan Britania Raya dan Rep Irlandia Jadi Tuan Rumah Euro 2028

Bola.com, Jakarta - Britania Raya dan Republik Irlandia dipastikan menjadi tuan rumah Euro 2028. UEFA mengonfirmasi hal tersebut pada Selasa (10/10/2023) malam waktu setempat.

Penawaran bersama itu tidak mendapatkan perlawanan setelah Turki menarik diri dari proses bidding karena fokus untuk bersama Italia menjadi tuan rumah Euro 2032, yang dikonfirmasi dalam pertemuan di Swiss.

Britania Raya dan Republik Irlandia fokus ke Euro 2028, dengan persetujuan UEFA, setelah mengakhiri rencana untuk bisa menjadi kandidat untuk Piala Dunia 2030.

Ketua Eksekutif FA Wales, Noel Mooney, mengatakan ingin stadion nasional Wales menjadi tuan rumah pertandingan pembuka, tetapi masih akan tergantung kepada UEFA untuk memutuskannya.

"Membawa turnamen ini ke Wales adalah hari yang istimewa untuk kami. Tentu saja kami bersemangat. Kami menyusun jadwal pertandingan, kami pikir Cardiff sempurna untuk laga pembuka dan kami menantikannya," ujar Noel Mooney kepada BBC Sports.

"Kami berharap dengan menjadi tuan rumah dan mengadakan sebuah pertandingan besar di Cardiff, kami bisa membawa Wales ke dunia dengan cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya," lanjutnya mengenai ide Cardiff jadi penyelenggara laga pembuka Euro 2028.

Mantan kapten Timnas Wales, Gareth Bale, yang hadir dalam acara tersebut di Nyon, menegaskan: "Bagi saya sebagai orang Wales, saya ingin Cardiff menjadi tuan rumah pertandingan pembuka. Kami memiliki stadion dan infrastruktur untuk itu."

====

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bagi 3 Negara, Ini Perdana Jadi Tuan Rumah

Selain Inggris dan Skotlandia, tiga negara lain, Republik Irlandia, Wales, dan Irlandia Utara belum pernah menjadi tuan rumah untuk turnamen sepak bola besar.

Pertandingan Euro 2028 akan diadakan di 10 stadion berbeda, yaitu Wembley, Hampden Park, Stadion Principality Cardiff, dan Stadion Aviva Dublin.

Casement Park di Belfast dan stadion Bramley-Moore Dock di Everton, yang awalnya belum dibangun dan masih dalam pembangunan, juga termasuk dalam penawaran.

Inggris adalah salah satu dari 11 negara yang pernah menjadi tuan rumah Euro 2020 bersama Skotlandia, serta menjadi satu-satunya tuan rumah Piala Dunia 1966 dan Euro 1996.

Inggris juga menjadi tuan rumah Kejuaraan Euro Putri yang memecahakn rekor pada 2022.

3 dari 4 halaman

5 Tim Tuan Rumah Otomatis Lolos?

Mengadakan turnamen besar biasanya membuat tim tuan rumah akan lolos secara otomatis. Namun, ketika menjadi tuan rumah bersama, kualifikasi untuk negara tim tuan rumah tidak bisa langsung dijamin.

Dalam pedoman bidding, UEFA mengatakan: "Dalam kasus lebih dari dua asosiasi tuan rumah bersama, kualifikasi otomatis semua tim tuan rumah tidak bisa dijamin dan harus tunduk kepada keputusan yang dibuat bersamaan dengan keputusan mengenai kualifikasi."

Kecil kemungkinan UEFA akan menawarkan lebih dari dua slot, sehingga tiga slot akan ditolak. Ada beberapa pembicaraan mengenai kelima negara yang akan berusaha lolos untuk dua slot bagi dua tim lain yang gagal, di mana tim dari negara yang gagal lolos tapi punya peringkat paling tinggi, akan lolos.

Namun, ada beberapa keraguan dari UEFA mengenai penawaran jalan masuk lewat belakang untuk negara-negara tuan rumah yang gagal lolos, serta potensinya terhadap proses kualifikasi yang normal.

4 dari 4 halaman

Inggris Ingin Lewat Kualifikasi

BBC Sport mendapatkan informasi FA ingin Inggris mencapai Euro 2028 melalui proses yang normal ketimbang diberikan slot otomatis oleh UEFA.

Inggris yakin itu akan memberikan persiapan yang lebih baik bagi The Three Lions untuk menghadapi turnamen Eropa ini dibandingkan hanya menjalani serangkaian pertandingan persahabatan.

"Saya pikir setiap tim ingin lolos berdasarkan prestasi, ingin bermain dengan bagus," ujar Gareth Bale.

"Melalui kampanye untuk memasuki turnamen, Anda memiliki kepercayaan diri. Dua pemain cadangan itu ada untuk berjaga-jaga. Penting bagi semua tim untuk berusaha lolos dan melakukan yang terbaik yang mereka bisa dan semoga mereka berhasil melakukannya secara otomatis," lanjutnya.

Sumber: BBC Sport

Video Populer

Foto Populer