Sukses


VIDEO: Erik ten Hag Harap Pemain MU Belajar dari Perjuangan Sir Bobby Charlton

Bola.com, Jakarta Kabar duka datang dari sepak bola Inggris, salah satu pemain legenda mereka, Sir Bobby Charlton meninggal dunia diusia 86 tahun. Pemain legenda Manchester United pada Sabtu (21/10/2023) malam WIB, kabar itu disampaikan oleh pihak keluarga. Belum diketahui penyebab kematian Charlton, Namun sejak 2020, dirinya telah menderita demensia.

Charlton tercatat mencetak 249 gpl dalam 758 penampilan antara tahun 1956 hingga 1973. Selama membela Setan Merah, Charlton berhasil membawa pulang Piala Champion pada tahun 1968 dan menyabet tiga gelar First Division. Dan Charlton juga merupakan salah satu anggotan Manchester United yang selamat dalam tragedi pesawat Munich 1958 dan kini menjadi survivor terakhir yang meninggal dunia.

Pada timnas Inggris Charlton mencatat 106 kali tampil dan berhasil mencetak 46 gol. serta menjadi bagian dari skuad The Three Lions yang memenangkan Piala Dunia 1966.

Sir Bobby Charlton sempat menjadi top skor sepanjang masa The Three Lions dengan 49 gol dalam 106 laga sebelum rekor tersebut disalip Wayne Rooney pada tahun 2015, yang kini juga disalip Harry Kane.

Berbagai ucapan bela sungkawa dan penghormatan diberikan oleh para toloh sepak bola, salah satunya manajer Manchester United Erik Ten Hag. Dirinya mengungkapkan rasa hormatnya dan kagumnya kepada Charlton.

"Saya tidak pernah memiliki kehormatan untuk bertemu dengannya (Sir Bobby Charlton). Tetapi dari yang saya dengar, meskipun semua trofinya dan pertandingannya, dia begitu rendah hati, sosok besar. Saya pikir dia adalah contoh bagi kita semua, sebagai pemain sepak bola, tetapi juga dalam masyarakat dan sorotan global." ujar Erik Ten Hag.

Manajer Setan Merah itu juga menambahkan pemain Manchester United juga terinspirasi Sir Bobby dan memotivasi mereka untuk dapat mengikuti jejak karir pemain legenda tersebut.

"Saya mendengar beberapa pemain mengatakan bahwa mereka mendapatkan inspirasi darinya dan mereka ingin menang untuk memperingatinya. Jadi ya, itu adalah motivasi tambahan, tanpa diragukan lagi." ujar manajer Manchester United itu. 

Kepergian Charlton, skuad juara 1966 yang masih hidup kini tersisa empat orang yakni Sir Geoff Hurst, Terry Paine, Ian Callaghan dan George Eastham.

Video Populer

Foto Populer