Sukses


Kisah Lembang, Penghasil Pemain Andal buat Persib

Bola.com, Bandung - Lembang bagi warga Jawa Barat tidak hanya dikenal dengan panorama alam yang jadi lokasi wisata saja. Tetapi, kecamatan yang berada di Kabupaten Bandung Barat itu dikenal pula sebagai pemasok pemain andal bagiĀ Persib Bandung sejak 1980-an.

Beberapa nama tenar dan di antaranya dinobatkan sebagai pemain Legenda Persib merupakan putra daerah Lembang. Seperti Robby Darwis, legenda Persib yang pernah menghantarkan Persib juara Perserikatan 1986 dan Liga Indonesia pertama musim 1994-1995.

Selain Robby Darwis, tercatat beberapa pemain asal Lembang lainnya yang pernah memperkuat tim berjuluk Maung Bandung itu, seperti Ade Mulyono, Roy Darwis, Yadi Mulyadi, Yudi Guntara, dan Hendra Komara.

Tetapi, seiring perjalanan waktu, Lembang yang dulu terkenal penghasil pemain berkualitas untuk Maung Bandung seolah tinggal cerita. Saat ini, Persib Bandung hanya memiliki satu pemain asli Lembang, yakni Tantan.

Kemerosotan Lembang sebagai penghasil pemain berkualitas untuk Persib mendapat perhatian dari putera daerah dan kalangan legislatif di Kabupaten Bandung Barat.

Adalah ketua DPRD Kabupaten Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, yang menyadari kemerosotan Lembang sebagai penghasil pemain berkualitas. Berbagai upaya akan dilakukan pihak terkait untuk mengembalikan Lembang sebagai penghasil pemain berkualitas, khususnya untuk Persib.

"Dulu pemain Persib itu didominasi putra daerah dari Lembang, tapi beberapa tahun ini pemain-pemain dari Lembang tidak terlalu banyak. Bisa jadi karena kurangnya pembinaan, Itulah sepak bola Bandung Barat harus dihidupkan kembali," kata Aa Umbara.

Untuk mewujudkan Bandung Barat, khususnya Lembang, jadi Kampung Persib lagi, Aa Umbara menuturkan jika para anggota dewan telah melakukan sejumlah upaya terutama yang berkaitan dengan anggaran untuk olahraga, secara khusus sepak bola.

"Ada dana yang diberikan kepada Askab PSSI Bandung Barat, meski tidak besar. Termasuk pengadaan sarana dan prasana agar Persib bisa didukung lagi oleh para pemain dari Bandung Barat, terutama Lembang," tuturnya.

Hal sama disampaikan pentolan bobotoh dari Lembang, Kukuh Wiguna. Menurut Kukuh, kalangan bobotoh di Lembang tidak tinggal diam menyikapi kemerosotan Lembang dalam hal mencetak pemain andal.

Salah satu cara yang dilakukan kalangan bobotoh Lembang adalah dengan mengelar beberapa pertandingan yang dihadiri para pemain Persib saat ini.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan motivasi pemain muda asli Lembang untuk terus berlatih keras sehingga suatu saat bisa mengembalikan Lembang sebagai Kampung Persib seperti era Robby Darwis.

"Kami ingin memberikan motivasi kepada para pemain muda asli Lembang agar ke depannya bisa mengikuti jejak pemain bintang senior mereka," kata Kukuh.

Video Populer

Foto Populer