Sukses


Arema Tersingkir, Piala Presiden 2018 Memunculkan Juara Baru

Bola.com, Jakarta - "Kutukan" bagi tim juara Piala Presiden berlanjut pada edisi ketiga penyelenggaraan turnamen pramusim ini. Sejak kali pertama digelar pada 2015, ketika itu untuk mengisi kekosongan kompetisi domestik yang vakum akibat sanksi FIFA, tidak ada tim juara yang mampu mempertahankan gelar mereka.

Persib Bandung, kampiun Piala Presiden 2015, gagal mempertahankan mahkota juara setelah kalah di semifinal. Pusamania Borneo FC jadi tim pembunuh tim juara.

Persib kalah 1-2 di kandang tim Pesut Etam dan membalas kekalahan itu dengan menang 2-1 di Bandung. Namun, tim Maung Bandung dijauhi dewi fortuna saat babak adu penalti untuk menentukan pemenang karena kedua tim memiliki agresivitas gol sama.

Langkah Persib akhirnya terhenti setelah kalah melalui drama adu penalti di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, dan Borneo FC melangkah ke final.

Pada Piala Presiden edisi kedua, 2017, lahir juara baru, yakni Arema. Di final yang dimainkan di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, 12 Maret 2017, tim Singo Edan menggulung Borneo FC 5-1.

Arema jadi tim kedua yang berhasil menyandang gelar juara Piala Presiden. Kendati baru melahirkan dua tim pemenang, istilah kutukan bagi tim juara Piala Presiden sudah muncul jelang penyelenggaraan edisi ketiga, 2018 ini.

Arema disebut di bawah bayang-bayang kutukan itu. Meski, jelang laga di fase 8 besar kontra Sriwijaya FC, pelatih Arema, Joko 'Getuk' Susilo, menegaskan tim asuhannya tidak memedulikan hal itu, kenyataannya tradisi juara baru di Piala Presiden kembali berlanjut.

Tim Singo Edan terpaksa menerima kenyataan tersingkir dan gagal mempertahankan gelar juara Piala Presiden 2017 pada edisi kali ini. Dendi Santoso dkk. dipaksa menyerah 1-3 oleh Laskar Wong Kito pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Manahan, Solo, Minggu (4/2/2018).

Dengan begitu, kontestan semifinal sekarang sudah komplet. Ada PSMS Medan, Bali United, Persija Jakarta, dan Sriwijaya FC.

Empat klub itu akan kembali beradu untuk tampil di final lewat duel di semifinal yang dimainkan dengan format kandang dan tandang pada 10 dan 13 Februari 2018.

PSMS akan berhadapan dengan Persija dan Bali United bakal meladeni Sriwijaya FC. Siapa pun yang memenangi semifinal ini akan berlaga di partai puncak yang direncanakan dimainkan di SUGBK, Jakarta, pada 17 Februari 2018, dan dipastikan Piala Presiden 2018 akan memunculkan tim juara baru.

Nah, siapa jagoan Anda?

Video Populer

Foto Populer