Sukses


Todd Rivaldo Ferre, Bocah Ajaib Pewaris DNA Papua di Sepak Bola Indonesia

Bola.com, Jakarta - Papua tak pernah kekurangan stok pemain berkualitas. Mulai dari Elie Aiboy, Boaz Solossa, Titus Bonai, hingga era Osvaldo Haay. Kini Bumi Cenderawasih juga memiliki idola baru aset masa depan bernama Todd Rivaldo Ferre.

Karier Todd Rivaldo Ferre sebagai pesepak bola bermula ketika bergabung dengan SSB Immanuel di Sentani, Papua. SSB itu merupakan milik mantan pemain Persidafon Dafonsoro, Agustinus Ferre.

Ya, Agustinus Ferre merupakan ayah kandung dari Todd Rivaldo Ferre. Jadi, maklum saja Todd memiliki bakat sepak bola yang diperoleh dari sang ayah.

"Pertama mengenal sepak bola itu karena Bapak. Semenjak saya SD sudah senang bermain bola. Saya juga sering menonton Bapak bertanding. Akhirnya, saya memutuskan menjadi pemain bola," kata Todd Rivaldo kepada Bola.com.

Todd menimba ilmu di SSB Immanuel sampai SMP kelas 3. Kemudian, bakatnya semakin terpoles ketika berhasil lolos seleksi Pertamina Soccer School.

"Sempat sekolah di sana selama satu tahun. Kemudian kembali lagi ke Papua dan bermain di PPLP Papua. Itu jadi pintu masuk saya akhirnya bergabung dengan Persipura Jayapura," ucap Todd.

Postur tubuhnya sebenarnya tidak ideal untuk ukuran pesepak bola profesional yakni tak sampai 160 cm. Namun, postur tubuh itu malah dimanfaatkan Todd untuk bisa mengelabui lawan.

Todd dikenal sebagai pemain yang memiliki kecepatan dan ketangguhan fisik. Menurut Todd, hal itu secara alamiah didapatnya karena terasah oleh kondisi alam di Papua.

"Kebetulan, tempat tinggal saya juga masih di daerah pegunungan. Jadi ya kami terbiasa jalan jauh sehingga fisiknya kuat. Itu jadi rahasia saya punya kecepatan di lapangan," ujar Todd Rivaldo Ferre.

2 dari 4 halaman

Hanya Jadi Pelapis

Nama Todd Rivaldo Ferre semakin terkenal ketika membela Timnas Indonesia U-19 asuhan pelatih Indra Sjafri di Piala AFC U-19 2018. Todd ketika itu secara mengejutkan mampu tampil gemilang meskipun berstatus sebagai pemain pelapis.

Ketika itu, Timnas Indonesia U-19 menghadapi Qatar pada laga kedua penyisihan grup. Sampai menit ke-56, Timnas Indonesia U-19 tertinggal 1-6 dari Qatar.

Akhirnya Indra Sjafri melakukan gebrakan dengan memainkan Todd Rivaldo Ferre. Hanya tak sampai 20 menit setelah dimainkan Todd berhasil mencetak hatrick dalam laga tersebut meski akhirnya Timnas Indonesia U-19 menyerah 5-6 dari Qatar.

"Todd memang kurang efektif bermain jika bermain dari babak pertama," kata Indra Sjafri ketika itu ketika ditanya mengenai keputusan mencadangkan Todd.

Meski demikian, pelatih Qatar, Lino Godinho, melayangkan pujian terhadap penampilan Rodd. Tiga gol cepat yang digelontorkan Todd diakuinya sempat mengejutkan Qatar.

"Mereka punya pemain bagus seperti Todd yang bisa datang kapan saja dan mencetak gol," ucap Lino Gondinho.

Indra Sjafri membawa Todd ke Timnas Indonesia U-22 pada Piala AFF U-22 2019. Namun, pemain asal Jayapura itu hanya bermain dua kali dan itu pun diawali dari bangku cadangan.

3 dari 4 halaman

Dipoles Jacksen F.Tiago

Todd Rivaldo Ferre mendapatkan kesempatan promosi ke tim senior Persipura Jayapura pada 2018 setelah menjuarai Liga 1 U-19. Laga debut Todd bersama Persipura terjadi pada 27 April 2018 dalam laga melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan Malang.

Dalam laga tersebut, Todd Rivaldo bermain sebagai starter dan berhasil mencetak gol dalam debutnya. Sayang, gol tersebut tak mampu memberikan kemenangan buat Persipura yang menyerah 1-3 dari Arema.

Pada 2018, Todd tercatat tampil sebanyak 15 laga. Namun, sebagian besar bermula dari bangku cadangan dan hanya dua kali bermain penuh 90 menit.

Memasuki Liga 1 2018, Todd Rivaldo semakin sering mendapatkan kepercayaan bermain. Pelatih Jacksen F. Tiago memberi Todd kepercayaan bermai sebanyak 29 kali dan dibayarnya dengan torehan enam gol.

Musim ini, Jacksen F. Tiago kembali mengandalkan Todd di lini sayap. Pemain dengan nomor punggung 45 itu sudah tampil penuh dalam tiga laga awal Persipura dan memberikan kontribusi maksimal.

"Level Todd Ferre saat ini sudah naik dari pemain muda jadi pilar andalan. Itu kenyataan yang ada dan dia memang sangat layak disebut seperti itu," kata Jacksen.

Todd bersyukur bisa mendapatkan kepercayaan bermain sebagai pemain inti Persipura. Apalagi klub berjulukan Mutiara Hitam itu merupakan idolanya sejak masih kecil.

"Persipura adalah keluarga buat saya, rumah buat saya. Apalagi tim ini adalah idola saya sejak kecil," tegas pemain berusia 21 tahun tersebut.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer