Sukses


Duel Pelatih Shin Tae-yong Vs Shkumbin Arslani: Adu Jitu Dua Filosofi

Bola.com, Split - Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Makedonia Utara pada laga uji coba pertama yang berlangsung di Stadion NK Junak Sinj, Split, Minggu (11/10/2020). Duel ini akan menjadi panggung adu strategi antara Shin Tae-yong dan Shkumbin Arslani.

Pertandingan ini menjadi pertemuan pertama antara Timnas Indonesia U-19 melawan Makedonia Utara. Wajar bila kedua tim akan saling meraba kekuatan masing-masing.

Meski demikian, laga nanti diprediksi akan berlangsung ketat, karena Timnas Indonesia U-19 dan Makedonia Utara sama-sama dilatih sosok berpengalaman.

Mengasuh Timnas Indonesia U-19 merupakan pengalaman baru buat Shin Tae-yong. Sebelumnya, pelatih asal Korea Selatan itu lebih berpengalaman menangani tim yang lebih senior yakni Seongnam, Timnas Korea U-23, Timnas Korea U-20, dan Timnas Korea Selatan.

Pencapaian terbaik pelatih berusia 51 tahun itu adalah mempersembahkan dua gelar untuk Seongnam dan membantu Korea Selatan tampil di Piala Dunia 2018. Adapun Shkumbin Arslani terbilang baru menukangi Makedonia.

Shkumbin Arslani menjadi penerus Goran Stanic pada 2020. Meski demikian, Shkumbin Arslani sudah cukup mengenal skuat Makedonia Utara sehingga berpotensi menyulitkan Timnas Indonesia U-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Punya Kesamaan

Shin Tae-yong dan Shkumbin Arslani memiliki latar belakang profesi yang sama yakni sebagai pesepak bola. Namun, keduanya bermain di posisi yang berbeda ketika masih aktif sebagai pemain.

Shin Tae-yong merupakan seorang gelandang serang, sedangkan Shkumbin Arslani bermain sebagai bek kiri. Jadi, bisa dikatakan gaya kepelatihan mereka akan terpengaruh oleh ciri khas masing-masing.

Shin Tae-yong akan memainkan gaya permainan yang memaksimalkan lini tengah sebagai motor serangan. Adapun Shkumbin Arslani lebih mengandalkan permainan tangguh di lini belakang dan mengandalkan kecepatan pemain sayap.

Shin Tae-yong sejauh ini memang mampu menyulap lini tengah Indonesia dengan permainan atraktif. Namun, terdapat peningkatan kualitas para pemain yang ditunjukkan dalam laga uji coba yang sudah dimainkan.

Adapun Shkumbin Arslani terlihat belum mampu memberikan dampak signifikan untuk Makedonia Utara. Namun, melawan Timnas Indonesia U-19 bisa menjadi pelampiasan buat Makedonia Utara yang belum pernah menang dalam dua laga uji coba internasional terakhir.

Jadi, laga nanti diprediksi menjadi pertarungan taktik tingkat tinggi antara dua sosok pelatih berkualitas. Menarik untuk melihat pertarungan adu strategi dari dua pelatih beda pengalaman dan nama besar ini.

Video Populer

Foto Populer