Sukses


Flashback Anang Hadi: Transisi Jadi Pelatih Setelah Lepas dari Tuduhan Sepak Bola Gajah PSS Vs PSIS

Bola.com, Sleman - Bagi publik PSS Sleman, nama Anang Hadi tidak kalah pamor dari generasi sebelumnya, Seto Nurdiyantoro atau Muhammad Eksan. Anang Hadi menjadi pemimpin skuad tim Elang Jawa dan berstatus sebagai putra daerah Sleman.

Pria kelahiran Sleman, 20 Januari 1985 ini adalah El Capitano dan nyawa lini tengah tim Elang Jawa dalam beberapa musim. Saat masih aktif bermain, Anang adalah gelandang yang sangat enerjik.

Sayangnya, karier Anang Hadi tercoreng usai namanya dicatut terlibat dalam sepak bola gajah kala PSS melawan PSIS Semarang di kompetisi Divisi Utama, 26 Oktober 2014. Anang akhirnya dianggap tidak bersalah dalam laga yang mencoreng persepakbolaan Indonesia saat itu.

Sejak setelah itu, Anang Hadi memutuskan untuk pensiun sebagai pemain. Kini waktu telah berganti dan dirinya sudah bangkit dalam keterpurukannya ketika itu. Nama Anang Hadi mulai mencuat sebagai pelatih muda potensial.

"Transisi dari pemain menjadi seorang pelatih, awalnya kaget karena terbiasa main di tengah lapangan, disuruh pelatih untuk ini itu. Sekarang di pinggir lapangan untuk berteriak memberikan instruksi, ya mirip bos," terang Anang Hadi dalam podcast PSS, Senin (18/1/2021).

Ketekunan Anang Hadi di dunia kepelatihan berjalan dengan cukup mulus. Perlahan ia menempuh pendidikan kusus sebagai seorang pelatih, bahkan telah sukses menyabet lisensi B AFC, bersama manajer PSS Sleman, Danilo Fernando

"Banyak hal sepak bola berkembang pesat, dan saya dapat ilmu di kursus itu. Naluri saya menggerakkan untuk tetap di sepak bola, setelah pensiun pilihannya jadi pelatih atau hanya untuk main-main. Setidaknya lebih bisa mengembang ilmu dan pengalaman saya," bebernya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Menjadi Role Model

Anang Hadi mengawali karier sebagai pelatih bersama tim Elite Pro Academy (EPA) PSS tahun 2019 sebagai asisten. Belum lama ini, manajemen PSS Sleman melalui Development Center, menunjuk Anang Hadi sebagai pelatih kepala untuk akademi di tim U-18.

Anang ditawari posisi pelatih tim U-18 PSS oleh Guntur Cahyo Utomo selalu kepala Development Center PSS, yang membawahi akademi klub. Tak berpikir panjang tawaran tersebut ia terima dengan senang hati.

Faktor kedekatan sebagai mantan pemain dan pengalaman menjadi pertimbangan manajemen menunjuk Anang sebagai pelatih akademi PSS. Ia bertekad untuk terus mengembangkan bakat dan potensi anak muda di Sleman melalui akademi PSS.

"Di awal saya menjadi asisten PSS U-20, banyak belajar di situ selama setahun. Sekarang saya dipercaya memegang pelatih kepala PSS U-18. Alhamdulillah pemain-pemain juga tidak ada yang nyeleneh, mungkin melihat saya jadi role model di PSS," jelas Anang Hadi.

Video Populer

Foto Populer