Sukses


Penjelasan Arti dan Makna Logo Baru Borneo FC, Lebih Manyala!

Bola.com, Samarinda - Borneo FC berulang tahun ketujuh pada Minggu (7/3/2021). Sebagai bentuk perayaan, tim berjulukan Pesut Etam itu merilis logo baru. Logo baru Borneo FC masih menonjolkan Ikan Pesut sebagai simbol klub.

"Sebagai hewan mamalia air tawar di perairan Sungai Mahakam, Pesut Mahakam merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan. Ekspresi marah Pesut Mahakam dalam logo, sebagai tanda bahaya kepada musuh. Datang, Lawan, Menang!" tulis Borneo FC dalam lamannya.

Warna dalam logo Borneo FC tidak lagi didominasi warna oranye. Warnanya kini berubah menjadi marun, warna kesukaan presiden klub, Nabil Husein.

Bentuk perisai dalam logo baru Borneo FC menandakan bahwa Pesut Etam bangga dengan tanah leluhur.

"Logo berbentuk perisai mengartikan perbedaan adat-istiadat dari Pulau Kalimatan yang begitu sangat luas. Oleh sebab itu, sebagai klub sepak bola yang berasal dari tanah Kalimantan, Borneo FC dengan bangga memakai perisai berukiran dayak sebagai bentuk kebanggaan akan tanah leluhur," bunyi penjelasan di laman Borneo FC.

"Dominan berwarna marun, warna merah marun adalah warna favorit dari Nabil Husien. Merah maroon berasal dari perpaduan tiga warna, yakni warna kuning yang berarti harapan, biru yang artinya kedamaian, dan merah yang merupakan gagah berani," lanjut keterangan tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Menghilangkan Keterangan di Nama Belakang

Sejak memperkenalkan logo baru ini, Borneo FC juga menghilangkan identitas FC alias football club di belakang identitasnya.

Pesut Etam kini bernama Borneo Samarinda.

"Borneo Samarinda, dalam logo berbentuk perisai ini, tidak ada tambahan football club. Ini bermakna luas, sekaligus penegasan bahwa Borneo Samarinda ke depan bukan hanya sebagai klub sepak bola. Namun dirancang sebagai klub-klub profesional di semua bidang olahraga bergengsi."

"Tulisan Borneo berwarna putih dan abu-abu, kedua warna tersebut bermakna kemurnian yaitu putih dan keabadian yakni abu-abu. Sehingga pemilihan warna itu di diharapkan bisa benar-benar abadi dalam kemurnian."

"Tulisan Samarinda berwarna oranye atau jingga, artinya sebagai klub sepak bola yang berkembang di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, warna oranye merupakan warna kebesaran Kota Tepian. Selaras dengan itu, warna oranye juga mengambarkan jiwa kreatifitas yang tinggi. Gambaran itu berbanding lurus dengan keinginan Pesut Etam menjadi klub modern yang haus akan kemakmuran," demikian makna dari logo baru Borneo FC.

Video Populer

Foto Populer