Sukses


Profil Klub BRI Liga 1: Persipura, Tantangan Utama Tanpa Boaz Solossa

Bola.com, Jakarta - Persipura Jayapura menjadi kandidat kuat peraih gelar BRI Liga 1 musim ini. Hal itu terlihat dari kesiapan tim yang sudah dilakukan sejak beberapa bulan terakhir.

Persipura Jayapura melakukan perjudian dengan tak mengikuti turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Saat itu, fokus tim berjulukan Mutiara Hitam itu adalah Piala AFC 2021.

Namun, Persipura harus menunda hasrat mewakili Indonesia di turnamen elite Asia tersebut. Piala AFC mengalami penudaan akibat pandemi COVID-19.

Situasi itu langsung membuat Persipura Jayapura mengalihkan fokus ke BRI Liga 1. Sayangnya, perjalanan Persipura musim ini tak akan didampingi Boaz Solossa.

Persipura dan Boaz Solossa harus berpisah karena sang pemain melakukan pelanggaran indisipliner. Situasi yang tak menguntungkan buat Persipura, namun pilihan harus diambil demi menegakkan aturan di klub.

Sayangnya, Boaz Solossa pergi tak sendirian karena ditemani Yustinus Pae yang juga punya masalah sama. Hal inilah yang menjadi tamparan keras buat Persipura.

Meski demikian, materi pemain Persipura sejatinya tak banyak berubah dari musim lalu. Persipura sukses merekrut Henrique Motta (Brasil) dan Yevhen Bokhashvili (Ukraina) untuk menemani Takuya Matsunaga (Jepang).

Dengan demikian, Persipura Jayapura masih punya satu slot pemain asing untuk BRI Liga 1. Pelatih Jacken F. Tiago bertekad memaksimalkan kuota yang tersisa dengan merekrut pemain asing anyar dalam waktu dekat.

"Mungkin yang bisa terjadi saat ini adalah penambahan satu pemain asing lagi," kata Jacksen F. Tiago.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 4 halaman

Pemain Bintang

Persipura Jayapura merekrut Yevhen Bokhashvili pada awal 2021. Kehadiran pemain asal Ukraina itu awalnya untuk Piala AFC 2021.

Namun, penundaan turnamen tersebut membuat jasa Yevhen Bokhashvili kini dibutuhkan di BRI Liga 1. Musim ini menjadi yang kedua buat Yevhen Bokhashvili.

Pada debutnya di Indonesia, Yevhen Bokhashvili membela PSS Sleman rentang 2019-2021. Secara keseluruhan, Yevhen Bokhashvili sukses mencetak 17 gol dalam 36 laga.

Yevhen Bokhashvili merupakan penyerang yang komplet dan mampu diandalkan untuk mencetak gol dengan semua anggota tubuhnya. Yevhen Bokhashvili memiliki postur tubuh 182 cm dan andal dalam berduel di udara.

3 dari 4 halaman

Pelatih

Jacksen F. Tiago tentu bukan sosok asing buat Persipura Jayapura. Pelatih asal Brasil itu punya rapor biru dalam menukangi klub berjulukan Mutiara Hitam tersebut.

Jacksen F. Tiago telah membesut Persipura dalam dua periode yakni 2008-2014 dan 2019 sampai saat ini. Prestasinya pun cukup mentereng.

Jacksen F. Tiago sukses mempersembahkan tiga gelar liga yakni 2008-2009, 2010-2011, dan 2013. Selain itu, Jacksen juga berhasil mempersembahkan titel Indonesia Community Shield 2009 dan Indonesia Inter Island Cup 2011.

BRI Liga 1 menjadi tantangan baru buat Jacksen. Kehadirannya diharapkan mampu mengakhir paceklik gelar liga yang sudah dialami Persipura sejak 2016.

4 dari 4 halaman

Data Klub

Nama klub: Persipura Jayapura

Berdiri: 1 Mei 1963

Pencapaian musim lalu: Posisi 4 (sebelum kompetisi dihentikan karena pandemi COVID-19)

Pelatih: Jacksen F. Tiago (Brasil)

Daftar Pemain

  • Kiper: Fitrul Rustapa, Dede Sulaiman, Geri Mandagi, Mario Londok
  • Belakang: Donny Monim, Israel Wamiau, Henrique Motta (Brasil), Ricardo Salampessy, Evraim Awes, David Rumakiek, Irsan Lestaluhu, Imanuel Rumbiak, Wulf Hurota, I Nyoman Ansanay
  • Tengah: Nelson Alom, Fridolin Yoku, Muhammad Tahir, Takuya Matsunaga (Jepang), Theo Numberi, Patrick Womsiwor, Todd Ferre, Ian Kabes, Gunansar Mandowen, Ricky Kayame
  • Depan: Yohanes Pahabol, Yevhen Bokhashvili (Ukraina)

Prediksi Bola.com: Papan Atas

BRI Liga 1 musim ini menjadi momentum Persipura Jayapura untuk meraih kesuksesan. Tangan dingin Jacksen F. Tiago akan menuntun Todd Rivaldo dkk untuk bersaing gelar.

Video Populer

Foto Populer