Sukses


Duel Antarlini BRI Liga 1, Tira Persikabo Vs Madura United: Adu Tajam Ciro Alves dan Rafael Silva

Bola.com, Tangerang - BRI Liga 2021/2022 pekan akan berlanjut pada Jumat (3/9/2021). Partai Tira Persikabo dengan Madura United bakal memulai kembali kompetisi setelah rehat selama satu pekan.

Tira Persikabo akan berhadapan dengan Madura United di Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang pada pukul 15.15 WIB.

Kekuatan kedua tim agak timpang. Tira Persikabo banyak ditinggalkan pemain pilarnya sebelum BRI Liga 1 dimulai. Nama-nama seperti Abduh Lestaluhu, Wawan Febrianto, hingga Rifad Marasabessy memilih pergi dari Kota Hujan.

Situasi Madura United mirip dengan Tira Persikabo. Tim berjulukan Laskar Sapeh Kerrab itu juga kehilangan sejumlah pemain kuncinya semodel Alberto Goncalves, Marckho Meraudje, sampai Jacob Pepper.

Namun, Madura United mampu menambal ketiganya dengan pengganti yang sepadan.

Tira Persikabo punya persiapan yang lebih matang daripada Madura United. Tim berjulukan Laskar Pajajaran ini terus berlatih pasca-Piala Menpora 2021. Kondisi Manahati Lestusen dkk. praktis lebih prima.

Pertemuan Tira Persikabo kontra Madura United dijamin seru karena kedua tim tentu tidak ingin memulai BRI Liga 1 dengan hasil minor. Bentrok antarlini keduanya juga dipastikan tidak kalah menariknya.

2 dari 6 halaman

Kiper

Setelah ditinggalkan Angga Saputro, Tira Persikabo memercayai Syahrul Trisna di posisi penjaga gawang. Kiper berusia 25 tahun itu telah menjadi pemain inti di Piala Menpora.

Syahrul Trisna telah membela Tira Persikabo sejak 2018. Setelah bermusim-musim sebagai pelapis, mantan penjaga gawang PSS Sleman itu menjadi kiper utama Laskar Padjadjaran di BRI Liga 1.

Posisi penjaga gawang prioritas Madura United masih tidak berubah. Gawang Laskar Sapeh Kerrab tetap dikawal oleh Muhammad Ridho, kiper yang pernah dipanggil Timnas Indonesia.

Penjaga gawang berusia 30 tahun itu dikenal cekatan. Ketika masih membela Borneo FC, Ridho dianggap sebagai satu di antara kiper terbaik Liga 1 2017.

3 dari 6 halaman

Bek

Lini belakang Tira Persikabo akan dikomandoi oleh Veniamin Shumeyko. Bek asal Kirgistan itu datang dari klub kampung halamannya, Alga Bishkek.

Tira Persikabo menjadi klub Indonesia pertama bagi Veniamin Shumeyko. Oleh karena itu, kualitasnya masih misterius.

Veniamin Shumeyko bakal beradu tangguh dengan bek Madura United, Jaimerson Xavier. Pemain asal Brasil itu punya reputasi sebagai palang pintu tangguh di Liga 1 dalam beberapa musim belakangan.

Jaime, karibnya disapa, berhasil membawa Persija Jakarta menjuarai Liga 1 2018. Sebagai bek, pemain berusia 31 tahun itu tidak hanya kuat menahan gempuran lawan, namun juga produktif.

Jaime total membukukan sembilan gol dari 61 penampilannya pada periode 2018-2020.

4 dari 6 halaman

Gelandang

Sergey Pushnyakov bakal diplot sebagai motor serangan Tira Persikabo. Namun, kualitas dari gelandang asal Belarusia itu masih belum terbukti.

Sama seperti Veniamin Shumeyko, musim ini menjadi kesempatan pertama Sergey Pushnyakov di Indonesia. Untungnya, pemain berusia 28 tahun itu punya kedekatan dengan pelatih Tira Persikabo, Igor Kriushenko.

Igor, yang juga berasal dari Belarusia, akan memoles Sergey Pushnyakov supaya dapat mengeluarkan kualitas terbaiknya untuk Tira Persikabo.

Sementara di lini tengah, Madura United punya Jaja. Gelandang bernama lengkap Hugo Gomes dos Santos Silva itu berlabel mantan pemain Timnas Brasil U-20 pada 2015-2016.

Jaja baru datang ke Madura United dari klub Swedia, Kalmar. Pemain berusia 26 tahun ini diprediksi masih memiliki kualitas yang mumpuni berdasarkan rekam jejaknya pernah bermain bareng Gabriel Jesus hingga Malcom di Brasil U-20.

5 dari 6 halaman

Striker

Ciro Alves membuktikan dirinya adalah pemain yang setia untuk Tira Persikabo. Ketika kompetisi vakum pada tahun lalu, penyerang asal Brasil itu terus diterpa rumor hijrah dari Laskar Pajajaran.

Ciro Alves adalah top scorer Tira Persikabo pada musim 2019 dengan 14 gol. Striker berusia 32 tahun itu masih bakal terus diandalkan Laskar Pajajaran di BRI Liga 1.

Setelah ditinggalkan Alberto Goncalves, lini depan Madura United goyah. Untungnya, Laskar Sapeh Kerrab mampu mendatangkan Rafael Silva sebagai penggantinya.

Rafael Silva bukan nama baru di kancah sepak bola Indonesia. Bomber asal Brasil itu pernah membela Barito Putera pada 2019 dan sukses mencetak 14 gol.

6 dari 6 halaman

Persaingan BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer