Sukses


Akhirnya! Persebaya Dapat Poin Perdana di BRI Liga 1, Langsung Borong 3 Gol

Bola.com, Cikarang - Persebaya Surabaya akhirnya mampu memetik tiga poin perdana mereka BRI Liga 1 2021/2022. Skuat arahan Aji Santoso itu menang 3-1 atas Persikabo 1973 dalam duel pekan kedua di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Sabtu (11/9/2021) malam.

Persebaya benar-benar tampil agresif di pertandingan ini. Laga belum berjalan lima menit, striker Samsul Arif sudah dua kali melepas tembakan mengarah ke gawang. Namun, bola masih berhasil diamankan kiper Syahrul Trisna.

Peluang pertama Persikabo muncul tak lama berselang, tepatnya di menit ketujuh lewat Pushniakou Siarhei. Dia mampu melepas tembakan dan kemudian ditekel oleh bek Arif Satria. Bola mengarah ke gawang tapi masih bisa diamankan Ernando Arti Sutaryadi.

Setelah 10 menit berjalan, Persikabo berani tampil lebih keluar dan membangun serangan. Namun, tak ada lagi tembakan yang membahayakan pertahanan tim Bajul Ijo.

Gol pertama pertandingan ini akhirnya tercipta pada menit ke-25. Itu berawal dari pergerakan Alwi Slamat dari sisi sayap kiri yang mampu lolos dari jebakan offside setelah menerima umpan terobosan dari lini belakang.

Alwi pun langsung berusaha masuk ke jantung pertahanan tanpa pengawalan. Dia kemudian mengirim umpan tarik yang mampu diselesaikan menjadi gol oleh Jose Wilkson.

Peluang emas dimiliki oleh Persikabo memasuki menit ke-34 setelah Ciro Alves mengirim umpan terobosan ke jantung pertahanan Persebaya yang minim pemain. Bola berhasil diterima oleh Manahati Lestusen, namun malah lepas dan dikuasai oleh Ernando.

Persebaya berhasil menggandakan keunggulan lewat skema yang unik. Berawal dari lemparan ke dalam yang dilakukan Mokhamad Syaifuddin, Ricky Kambuaya menerima bola dan mendribelnya sampai ke jantung pertahanan Persikabo.

Para pemain Laskar Pajajaran malah tidak memberi pengawalan ketat hingga akhirnya Ricky Kambuaya mencetak gol kedua Persebaya di menit ke-39.

Hanya dua menit kemudian Persebaya mencetak gol ketiga. Jose Wilkson lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor. Dia mampu mengolah bola setelah menerima umpan dari Taisei Marukawa dan mengonversinya menjadi tembakan yang berbuah gol.

Kedua tim masih saling serang di waktu yang tersisa. Namun, tak ada gol lagi yang tercipta dan Persebaya Surabaya unggul 3-0 saat turun minum.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Di paruh kedua, Persebaya memilih bermain bertahan dalam kondisi unggul tiga gol. Persikabo pun memanfaatkan situasi ini dengan bermain menyerang membombardir pertahanan tim Bajul Ijo.

Roni Sugeng menjadi nama berikutnya yang hampir menyumbang gol untuk Persikabo di menit ke-55. Dia menerima umpan dari Manahati Lestusen namun bola masih melebar dari gawang.

Di menit ke-61, giliran Ahmad Nufiandani yang memiliki peluang emas. Dia menerima umpan dari Ciro Alves lewat umpan silang. Sayang, bola tembakannya yang mengarah ke gawang mampu digagalkan Arif Satria.

Petakan menghampiri Persebaya di menit ke-63 lantaran harus mendapat hukuman penalti. Dimas Drajad dijatuhkan oleh Ricky Kambuaya yang berusaha merebut bola dengan tendangan yang mengenai kaki.

Wasit menunjuk titik putih dan Ciro Alves yang merupakan kapten Persikabo tampil sebagai eksekutor. Penyerang asal Brasil itu sukses memperdaya Ernando sekaligus mencetak gol balasan di menit ke-64.

3 dari 4 halaman

Skor 3-1

Dalam situasi ini, Persebaya mencoba peruntungan dengan mencetak gol tambahan. Berawal dari tendangan bebas yang dilepas oleh Marukawa, bola diterima oleh Mokhamad Syaifuddin di sisi kanan.

Syaifuddin lantas mengirim umpan silang yang mengarah ke muka gawang Persikabo. Bola pun disambut lewat sundulan oleh Ricky Kambuaya namun bola masih melambung.

Ciro Alves hampir saja mencetak gol keduanya di pertandingan ini memasuki menit ke-76. Dia melepas tembakan bebas langsung yang sayangnya mengarah tepat ke pelukan Ernando Ari Sutaryadi.

Jual beli serangan masih terus terjadi di menit-menit akhir jelang bubaran. Sejumlah peluang emas mengarah ke gawang dibukukan oleh kedua kubu meski belum mampu menggetarkan jala gawang.

Sampai wasit meniup peluit panjang, tak ada ada gol yang tercipta. Persebaya pun mengantongi tiga poin pertama mereka di BRI Liga 1 dengan skor kemenangan 3-1 atas Persikabo.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Persebaya (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi (kiper); Mokhamad Syaifuddin, Arif Satria, Alie Sesay, Alwi Slamat (belakang); Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Bruno Moreira (tengah); Taisei Marukawa, Jose Wilkson, Samsul Arif (depan)

Pelatih: Aji Santoso

Persikabo (4-3-3): Syahrul Trisna (kiper); Didik Wahyu, Andy Setyo, Veniamin Shumeiko, Firza Andika (belakang); Pushniakou Siarhei, Manahati Lestusen, Hendra Adi Bayauw (tengah); Roni Sugeng, Dimas Drajad, Ciro Alves (depan)

Pelatih: Igor Kriushenko

Video Populer

Foto Populer