Sukses


Alasan Irfan Bachdim Mundur dari PSS: Keluarga Nomor Satu, Tapi Masih Ingin Kembali Ke Skuad Elang Jawa

Bola.com, Jakarta - Sosok Irfan Bachdim menarik perhatian ketika mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pemain PSS Sleman via akun Instagram pribadinya, Jumat (08/10/2021).

Alasan utama di balik keputusannnya itu adalah, dirinya tak bisa jauh dari keluarga. Aturan kompetisi BRI Liga 1 yang menerapkan sistem seri jadi pemicunya.  "Saya adalah family man. Bagi saya, keluarga adalah sumber motivasi," tegas Irfan Bachdim kala itu.

Irfan kembali mengulang pernyataannya itu dalam channel Youtube KR TV. Menurut Irfan, sejatinya, ia berat meninggalkan PSS yang telah memberikan fasilitas dan kepercayaan besar pada dirinya.

Apalagi, secara personal, Irfan mengemban misi khusus yakni membantu PSS berkembang dan menjadi tim yang disegani di pentas kompetisi Tanah Air.

Tapi, seiring dengan perjalanan awal kompetisi yang menerapkan lokasi pertandingan terpusat dengan sistem bubble to bubble membuat Irfan merasa kesulitan.

"Dulu ketika masih memakai sistem tandang dan kandang, saya punya waktu berkumpul dengan keluarga. Sekarang, dengan aturan yang ketat karena suasana pandemi COVID-19, saya merasa terjebak dengan rutinitas dari hotel ke lokasi pertandingan," terang Irfan.

 

 

 

 

2 dari 4 halaman

Sulit Keluarkan Performa

Alhasil, Irfan Bachdim mengaku sulit memberikan 100 persen kemampuannya karena terus memikirkan kondisi keluarganya. Terutama anak bungsunya, Kiyoji yang baru berusia tujuh bulan.

Itulah mengapa, ketimbang tak bisa tampil optimal buat PSS, ia pun memilih meninggalkan tim dan kembali berkumpul dengan keluarga kecilnya yang menetap di Bali.

Kini pemain yang sempat langganan dipanggil Timnas Indonesia ini berstatus tanpa klub. Irfan belakangan dikaitkan dengan sejumlah klub. Di antaranya Arema FC, Bali United dan Persija Jakarta.

Tapi, Irfan menegaskan dirinya tak akan kembali sebagai pemain kalau sistem yang dipakai musim ini tetap berlaku. "Kalau saya bergabung dengan klub lain, itu artinya sama saja karena sistemnya belum berubah," papar Irfan.

 

 

3 dari 4 halaman

Sistem Kandang dan Tandang

Lain cerita, kalau wacana sistem tandang dan kandang pada putaran kedua BRI Liga 1 diterapkan serta bisa dihadiri oleh penonton. Menurut Irfan, sebagai pesepak bola, tentu dirinya berpikir untuk kembali merumput bersama tim.

Ia pun tanpa sungkan mengungkap PSS sebagai opsi utamanya. Itu karena dirinya merasa masih ada misi yang belum terselesaikan di PSS. "Itupun kalau PSS mau memakai saya lagi. Kalau tidak, tak masalah. Saya akan mencari tim lain," kata Irfan.

Meski tak lagi berstatus pemain aktif, Irfan menegaskan kondisinya tetap terjaga. Ia mengaku tetap aktif berlatih dibawa pengawasan khusus pelatih pribadinya. "Saya masih ingin bermain. Semoga kompetisi Indonesia kembali normal," pungkas Irfan.

Sumber: Channel Youtube KR TV 

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi PSS Sleman Saat Ini?

Half Time Show: Timnas Indonesia Itu Oke, Tapi...

Video Populer

Foto Populer