Sukses


Iwan Bule Curiga Elkan Baggott Enggan Membela Timnas Indonesia karena Membelot ke Negara Lain, Inggris atau Thailand?

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan curiga Elkan Baggott menolak Timnas Indonesia demi membelot ke negara lain. Maklum, bek berusia 19 tahun itu juga dapat bermain untuk Inggris dan Thailand.

"Kelihatannya begitu. Padahal, kami sudah beberapa kali memanggil Baggott," kata pria yang karib dipanggil Iwan Bule tersebut.

"Bahkan, kami sudah siapkan KTP biometriknya di Inggris untuk memenuhi panggilan Timnas Indonesia, akan tetapi dia tidak datang."

"Tidak masalah. Masih banyak pemain Indonesia lainnya yang masih mau membela Timnas Indonesia yang kita cintai ini," jelas Iwan Bule.

Ada tiga darah yang mengalir di tubuh Baggott. Selain Indonesia, negara ibunya, pemain Ipswich Town U-23 itu juga punya darah Thailand sebagai tanah kelahirannya dan Inggris, negara ayahnya.

Baggott, yang telah lama bermukim di Inggris, berpeluang untuk membela Timnas Inggris level usia hingga senior jika mampu mengembangkan kariernya di Negeri Ratu Elizabeth.

Di usianya sekarang, Baggott telah bermain untuk Ipswich Town U-23 yang berkompetisi di Professional Development League (PDL) 2 Selatan 2021/2022. PDL 2 adalah kompetisi kasta kedua U-23 di Inggris setelah Premier League 2.

2 dari 3 halaman

Lahir di Thailand, Kecil di Indonesia, Besar di Inggris

Baggott lahir di Bangkok, Thailand pada 23 Oktober 2002. Dia menghabiskan masa kecilnya di Jakarta sebelum hijrah ke Inggris.

Pada tahun lalu, Baggott dipanggil Timnas Indonesia U-19 untuk persiapan Piala Dunia U-20 2021. Dia datang dengan begitu semangat. Ketika turnamen itu dibatalkan, kepribadian Baggott berubah 180 derajat.

Baggott tidak mau dipanggil ke Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Dubai, Uni Emirat Arab pada Juni 2021 dengan berbagai alasan.

Iwan Bule sempat berpikir bahwa Baggott tertarik untuk memperkuat Thailand, setelah gagal bermain di Piala Dunia U-20 2021 bersama Timnas Indonesia U-19.

"Itu yang saya analisis. Apakah dia sudah mendapatkan tawaran dari Thailand. Begitu dia membela Thailand, kami tidak bisa memanggilnya ke Timnas Indonesia," tutur Iwan Bule medio Mei 2021.

3 dari 3 halaman

Elkan Baggott Menolak Panggilan Timnas Indonesia

Nama Baggott tidak ada dalam skuad Timnas Indonesia untuk babak Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Thailand pada 7-11 Oktober 2021.

Bek berpostur 194 cm itu juga tidak dicantumkan dalam komposisi pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 pada 26-29 Oktober 2021 di Tajikistan.

"Kami sudah menghubungi Baggott beberapa kali, namun dia sepertinya tidak ingin membela Timnas Indonesia," jelas Iwan Bule.

"Kami menyayangkan. Dulu saja begitu masuk ke Timnas Indonesia U-19, Baggott mengejar-ngejar kami. Sekarang kami berikan kesempatan ke Timnas Indonesia malah dia tidak memberikan respons."

"Masih banyak pemain yang lain. Tidak perlu takut. Kami cari Baggott-Baggott lainnya untuk Timnas Indonesia," terang Iwan Bule.

Video Populer

Foto Populer