Sukses


Liga 2: Pelatih Persiba Akui Persaingan Sulit dan Ketat

Bola.com, Palangkaraya - Pelatih Persiba Balikpapan, Angel Alfredo Vera mengakui bahwa persaingan kompetisi Liga 2 2021 tidaklah mudah. Menurutnya banyak klub-klub baru yang punya ambisi besar untuk bisa menjadi kampiun dan promosi ke Liga 1 musim depan.

Tim-tim seperti RANS Cilegon FC, PSG Pati, dan Dewa United adalah deretan klub baru dengan skuat mumpuni. Jangan lupakan Persis Solo juga yang membangun skuat bintang dengan banyak pemain naturalisasi dan memasang target juara.

Sementara tim yang ditangani Alfredo Vera, Persiba Balikpapan sempat mengawali kiprah di Liga 2 musim ini dengan hasil yang kurang apik. Mereka kalah dengan skor 0-1 dari Kalteng Putra dalam pekan pertama penyisihan grup D pada 6 Oktober 2021.

Tim berjulukan Beruang Madu kemudian berhasil bangkit di laga kedua dengan menggasak PSBS Biak dengan skor 2-0 (12/10/2021). Dilanjutkan hasil imbang 1-1 kontra Sulut United (15/10/2021). Teranyar, Persiba menang 2-1 atas Persewar (20/10/2021).

“Kalau mau promosi ke Liga 1, perjuangan kami tidak mudah. Banyak tim yang juga punya pemain bagus. Persaingan Liga 2 juga semakin berat. Tapi, kami pelan-pelan ini mencapai target promosi itu,” kata pelatih asal Argentina itu kepada Bola.com, Minggu (24/10/2021).

2 dari 3 halaman

Pantang Terpeleset

Persiba Balikpapan termasuk tim tradisional yang sempat bersaing di kasta teratas selama beberapa musim. Terjangan klub-klub baru Liga 2 dengan berbagai manuver mendatangkan pemain bintang bakal menjadi tantangan.

Beruntung, tim asal Kalimantan Timur itu tidak langsung bersaing dengan deretan klub-klub bonafide di fase grup. Mereka tergabung di grup D bersama klub-klub luar Jawa yang memainkan pertandingan di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya.

Selain Kalteng Putra, Persiba bersaing dengan Mitra Kukar, Sulut United, PSBS Biak, dan Persewar Waropen. Hanya ada dua tiket yang diperjuangkan oleh tim di fase grup untuk bisa menembus fase gugur, tepatnya babak 8 besar nanti.

“Saya ingin kami fokus memenangi setiap pertandingan, jangan sampai hilang poin. Target kami bisa finish paling tidak peringkat kedua di Grup D. Sekarang kami fokus fase grup dulu,” imbuh mantan pelatih Persebaya Surabaya itu.

3 dari 3 halaman

Skuat Matang

Alfredo Vera sendiri merekrut sejumlah pemain muda yang pernah bekerja sama dengannya di Persebaya. Di antaranya adalah Abu Rizal Maulana, Irvan Febrianto, Adam Maulana, Mei Handoko Prastiyo, Said Mardjan, dan Yogi Novrian.

Kebetulan, nama-nama itu pernah membawa Persebaya menjuarai Liga 2 2017. Pengalaman mereka sekaligus kiprah Alfredo diharapkan bisa membantu Persib mencapai target berkompetisi di kasta teratas musim depan.

Persiba Balikpapan juga memiliki skuat yang mumpuni dengan keberadaan sejumlah pemain yang berpengalaman di kasta tertinggi. Di antaranya adalah Oktovianus Maniani, Yan Pieter Nasadit, Yongki Aribowo, hingga Dominggus Fakdawer.

Terdekat, Persiba akan melakoni pekan kelima Grup D dengan berjumpa Mitra Kukar, Kamis (28/10/2021).

Video Populer

Foto Populer