Sukses


BRI Liga 1: Barito Putera Bangkit, Rahmad Darmawan Hapus Mimpi Buruk?

Bola.com, Jakarta - Barito Putera tengah dalam tren positif. Setelah gagal menang dalam enam laga sebelumnya, klub berjuluk Laskar Antasari itu berhasil memborong kemenangan dalam tiga laga terkini BRI Liga 1 2021/2022.

Sembilan poin penuh yang mereka dapatkan berhasil membawa Bayu Pradana dkk keluar dari zona degradasi. Mereka berhasil melewati Persela Lamongan dan Persipura Jayapura untuk bertengger di posisi ke-15 dengan 25 poin.

Jika menilik hasil sebelumnya tentu tak ada yang menyangka Barito Putera bisa kembali ke bentuk terbaiknya. Keputusan mendatangkan Rahmad Darmawan pun sempat dipandang sebelah mata menilik performa di awal putaran kedua.

Tetapi perlahan dan pasti anggapan itu terpatahkan dengan sendirinya. Kemenangan meyakinkan nan heroik Barito Putera atas PSIS Semarang, Persipura Jayapura dan Persela Lamongan menyiratkan segala sesuatunya telah berada di trek yang benar.

 

2 dari 4 halaman

Saatnya Hapus Mimpi Buruk Tiga Musim Lalu

Liga 1 2018 mungkin jadi salah satu musim yang ingin dilupakan pria asal Lampung tersebut. Sriwijaya FC dan Mitra Kukar yang ia tangani kala itu sama-sama memberikan kenangan buruk dalam karier manajerialnya.

Awalnya, pelatih yang akrab disapa RD tersebut menjalani proyek super mewah bersama Sriwijaya FC di putaran pertama. Tetapi sejumlah pemain pilar hengkang di paruh musim yang membuatnya ikut keluar demi menangani Mitra Kukar yang berada di zona merah.

Sayangnya, perubahan pekerjaan itu justru memberikan catatan yang lebih minor. Ia gagal mengangkat performa tim dan harus rela terdegradasi di akhir musim.

 

3 dari 4 halaman

Efek Kehadiran Bruno Matos

Tak bisa dimungkiri kedatangan Bruno Matos di awal putaran kedua berhasil menyempurnakan strategi RD. Walaupun tak terlihat pada hasil di awal kehadirannya, permainan Barito Putera terlihat makin meyakinkan.

Saat menangani Madura United, pemain asal Brasil itu juga menjadi kunci permainan yang diusungnya. Diplot sebagai penyerang tengah, pergerakannya yang dinamis justru membuka banyak celah bagi rekan-rekannya.

12 gol yang dicetak mereka dalam sembilan pertandingan memperlihatkan adanya peningkatan ketajaman Barito Putera. Mantan pemain Persija Jakarta ini sendiri berkontribusi dalam sepertiganya lewat catatan dua gol dan dua assist.

4 dari 4 halaman

Posisi Barito Putera Saat Ini

Video Populer

Foto Populer