Sukses


BRI Liga 1: Bonek Mengutuk Keras Penyerangan oleh Oknum Suporter dengan Sajam di Lumajang

Bola.com, Lumajang - Dampak duel yang mempertemukan Persebaya Surabaya dan Arema FC masih panjang. Oknum suporter sempat menyerang ASIFA, akademi milik Aji Santoso di Malang, setelah laga bertajuk Derbi Jatim itu berakhir, Rabu (23/2/2022) malam.

Seperti diketahui, Arema FC kalah 0-1 dalam laga pekan ke-27 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Jauh dari Bali, muncul aksi lain, yakni penyerangan oknum suporter terhadap Bonek, pendukung Persebaya.

Peristiwa ini terjadi di Lumajang, Jawa Timur, hanya beberapa menit setelah laga berakhir. Mulanya, sekelompok Bonek berniat nongkrong di sebuah tempat di Jalan Imam Suja’i, Lumajang.

Beberapa saat kemudian, sekelompok bermotor menghampiri korban dan langsung menyerang. Sekelompok suporter yang diduga berbaju Arema melakukan penyerangan terhadap Bonek setelah mengadakan nonton bareng.

Aksi itu bahkan dilakukan menggunakan senjata tajam (sajam) berupa clurit. Akibat kejadian itu, seorang Bonek berinisial A (16), mengalami luka akibat pembacokan oleh pelaku.

Kabar ini langsung jadi perbincangan di media sosial karena video kejadian pelaku melakukan pembacokan juga telah beredar. A langsung dilarikan ke RS Bhayangkara Lumajang dan mendapatkan perawatan intensif karena mengalami luka sabetan.

 

2 dari 4 halaman

Kunjungi Korban Pembacokan

Sejumlah tokoh Bonek dari perwakilan tribune mengunjungi korban datang dari Surabaya ke Lumajang, Kamis (24/2/2022), demi memberikan dukungan moral dan materi. Di antaranya adalah perwakilan Green Nord (tribune utara) dan Bonek Tribun Kidul (tribune selatan).

“Kejadian ini sangat disayangkan. Pertandingannya sudah berakhir, tapi malah ada penyerangan dari ulah suporter tim lain. Ini ranahnya sudah tindakan kriminal, apalagi sampai menggunakan sajam,” kata Husin Ghozali, koordinator Green Nord, kepada Bola.com, Jumat (25/2/2022).

Husin yang mengunjungi sampai ke RS Bhayangkara Lumajang tidak bisa menemui A karena masih dalam perawatan intensif. Dia sempat bertemu dengan keluarga A bersama Bonek Lumajang untuk memberi dukungan.

“Kalau informasi dari keluarga, korban sudah stabil. Tapi, masih dalam perawatan. Bagaimanapun, dia ini bagian dari Bonek. Kami tidak mungkin meninggalkan saudara kami dalam kondisi seperti ini,” ucap pria yang akrab disapa Cak Cong itu.

 

3 dari 4 halaman

Desak Proses Hukum

Cak Cong beserta rombongan Bonek juga mengunjungi Mapolres Lumajang pada Kamis malam. Mereka ingin menanyakan kelanjutan kasus yang kini mencoreng sepak bola nasional tersebut.

Sejauh ini, pelaku pembacokan belum tertangkap. Pihak kepolisian sudah mengumpulkan bukti dan keterangan dari saksi kejadian. Polres Lumajang juga terus melakukan penyelidikan sampai melakukan penangkapan terhadap pelaku.

“Kami mengutuk keras tindakan kriminal yang dilakukan oknum suporter tersebut. Ini sudah di luar ranah sepak bola. Penyerangan dengan menggunakan sajam adalah tindakan yang memalukan,” ujar Cak Cong.

“Kami berharap pihak yang berwenang mengusut tuntas kasus ini. Saya yakin kepolisian bisa mengatasinya. Semoga pelaku segera ditangkap dan diproses sesuai dengan prosedur yang berlaku,” imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Posisi Persebaya dan Arema FC Saat Ini

Video Populer

Foto Populer