Sukses


Pemerintah Jepang Disebut Sudah Mengizinkan, Seminggu Lagi Pratama Arhan Terbang dan Gabung Tokyo Verdy

Bola.com, Jakarta - Pratama Arhan dapat bernapas lega. Pemerintah Jepang disebutkan telah memberikan izin kepadanya untuk masuk ke Negeri Sakura.

Sebelumnya, Antara mengabarkan bahwa pemerintah Jepang memberlakukan kebijakan larangan masuk kepada Warga Negara Asing (WNA) hingga Februari 2022 buntut varian Omicron.

Pesepakbola Pratama Arhan saat menghadiri jumpa pers menjelang keberangkatan menuju Jepang di kantor PSSI, Jakarta, Jumat (4/3/2022). Pratama Arhan yang sebelumnya bermain untuk PSIS Semarang resmi bergabung ke klub bola Jepang (J League), Tokyo Verdy. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pratama Arhan tinggal menunggu keberangkatan ke Jepang. Bek Timnas Indonesia itu dijadwalkan terbang ke Negeri Sakura dalam sepekan ke depan.

Pratama Arhan bara saja digaet oleh Tokyo Verdy, peserta J2 League atau kasta kedua Liga Jepang. Mantan pemain PSIS Semarang itu dikontrak selama dua musim.

"Lagi proses visa. Semua surat sudah siap dan ada izin khusus juga untuk masuk Jepang karena Warga Negara Asing biasa pada Februari 2022 tidak bisa masuk," kata agen Pratama Arhan, Dusan Bogdanovic di Kantor PSSI, Jakarta Pusat, Jumat (4/3/2022).

"Izin sudah dikeluarkan oleh Pemerintah Jepang dan semua surat dan administrasi juga selesai. Mungkin dalam 6-7 hari ke depan Arhan bisa berangkat ke Jepang," imbuh Dusan.

2 dari 3 halaman

Pratama Arhan Tidak Langsung Bisa Bergabung

Setibanya di Jepang, Pratama Arhan tidak serta-merta bisa merapat ke Tokyo Verdy. Pemain berusia 20 tahun itu perlu menjalani karantina selama tiga hari.

Pratama Arhan juga butuh waktu untuk beradaptasi dengan Tokyo Verdy. Praktis, pemain kelahiran Blora, Jawa Tengah itu belum dapat beraksi di Liga Jepang dalam watku dekat.

"Jepang memberlakukan karantina selama tiga hari. Jika ada perubahan, akan kami sampaikan setiap jari. Kedubes Jepang di Indonesia sangat membantu," papar Dusan.

3 dari 3 halaman

Pesan Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong merespons positif kepindahan Pratama Arhan ke Liga Jepang. Dia percaya bahwa bek berusia 20 tahun itu dapat bersaing di Negeri Sakura dan menjadi contoh untuk sepak bola Indonesia.

Pratama Arhan telah resmi bergabung dengan peserta J2 League atau kasta kedua Liga Jepang, Tokyo Verdy. Anak buah Shin Tae-yong di Timnas Indonesia itu dikontrak selama dua tahun.

"Sebelum ke Tokyo Verdy, Pratama Arhan banyak diskusi dengan saya. Dia pemain disiplin, jadi saya yakin dia bisa bersaing dengan baik," kata Shin Tae-yong.

"Sepak bola Jepang sangat detail. Menurut saya, dia bisa belajar dengan baik dan bisa memberikan contoh yang baik untuk sepak bola Indonesia. Saya percaya dia bisa menjadi pemain yang lebih fokus dalam laga," jelasnya.

Video Populer

Foto Populer