Sukses


Misi Akademi Tunas Muda Medan, Bawa Pemain Muda Indonesia Gabung Klub Eropa

Bola.com, Makassar - Meski baru menggelar latihan pada awal Januari 2022, Akademi sepak bola asal Medan, Tunas Muda sudah mengusung misi tinggi yakni membawa pemain muda Indonesia gabung di klub Eropa. Rencananya, pada Agustus nanti, akademi milik pengusaha Adi Saputra ini akan berujicoba di Portugal, Spanyol dan Belanda.

Kepada Bola.com, Adi Saputra menjelaskan, pekan lalu pihaknya sudah menjalin komunikasi secara langsung dengan sejumlah akademi sepak bola di tiga negara akan jadi lawan uji coba yakni Akademi Valencia, Levante (Spanyol), SL Benfica, Sporting Lisbon (Portugal) Ajax Amsterdam dan PSV Eindhoven (Belanda).

"Pertemuan saya dengan mereka difasilitasi oleh coach Bonnie Fautngiljanan (pelatih kepala Akademi Tunas Muda)," ujar Adi Saputra, Senin (11/4/2022).

Seperti diketahui, Bonnie adalah mantan asisten pelatih PSM Makassar pada Liga 1 2019. Sebelum ke PSM, pria berdarah Maluku ini juga pernah jadi staf pelatih di Akademi Valencia.

Adi Saputra menambahkan, saat bertemu dengan Gustavo Marcelino, pelatih Valencia U-21, pihaknya banyak mendapat saran dan masukan.

"Coach Gustavo juga berjanji membantu Tunas Muda berkembang. Diantaranya merekrut 1-2 pemain binaan kami untuk bergabung di Valencia," papar Adi Saputra.

Pada perteemuan itu, Gustavo menyarankan jika ingin menjadi pemain top di di Eropa pemain harus memiliki empat aspek fundamental yaitu Teknik, Fisik, Taktik dan Psikologi.

"Coach Gustavo juga berpesan, satu bulan sebelum kompetisi dimulai, pemain sudah tidak boleh training menggunakan bola, hanya fokus pada latihan fisik," terang Adi Saputra Libatkan Pemandu Bakat Klub Eropa

 

2 dari 3 halaman

Dilirik Tim Top Eropa

Pada kesempatan sama, pelatih Akademi Tunas Muda, Bonnie Fautngiljanan mengungkapkan dirinya juga sudah menghubungi koleganya yang menjadi pemandu bakat pada sejumlah klub seperti Real Madrid, Paris Saint Germain, Atletico Madrid dan Barcelona untuk menyaksikan laga uji coba di Spanyol.

Begitu pun dengan pihak Ajax Amstedam dan PSV Eindhoven yang akan menjamu Tunas Muda di Belanda. Menurut Bonnie sebelum berangkat ke Eropa, Akademi Tunas Muda menggelar uji coba di Jakarta sekaligus mengurus visa pada Juli mendatang.

Di Ibukota Negara, mereka juga dijadwalkan bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Zainudin Amali. "Semua agenda ujicoba di Eropa sudah fix. Termasuk akomodasi dan transportasi," kata Bonnie.

Bonnie menambahkan, tak mudah buat sebuah akademi bisa berujicoba dengan klub top Eropa tanpa rekomendasi dari pelatih dan pemandu bakat klub yang bersangkutan.

"Saya beruntung memiliki hubungan baik dengan mereka," pungkas Bonnie yang pada 2019 lalu menjadi pelatih Valencia U-21 ini.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Uji Coba

Jadwal Uji Coba Akademi Tunas Muda di Eropa

  • 3 Agustus 2022 - Tunas vs Levante
  • 6 Agustus 2022 - Tunas Muda vs Valencia CF
  • 12 Agustus 2022 - Tunas Muda vs SL Benfica
  • 16 Agustus 2022 - Tunas Muda vs Sporting Lisbon
  • 21 Agustus 2022 - Tunas Muda vs Ajax
  • 24 Agustus 2023 - Tunas Muda vs PSV

Video Populer

Foto Populer