Sukses


Wawancara Teddy Tjahjono: Strategi Gerilya dan Ambisi Persib Meraih Kesuksesan di Liga 1 Musim Depan

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung menatap percaya diri perhelatan BRI Liga 1 musim depan. Sejumlah rencana dan strategi mulai dirancang untuk bisa meraih kejayaan di kompetisi elite Indonesia.

Tanda-tanda kesuksesan sebenarnya sudah terlihat di Persib Bandung. Musim lalu, pasukan Robert Alberts itu hampir menjadi kampiun di BRI Liga 1 karena mengakhiri kompetisi di urutan kedua.

Persib mengumpulkan 69 poin hasil 34 bertanding. Klub berjulukan Maung Bandung itu hanya terpaut enam poin dari Bali United yang jadi kampiun.

Namun, secara pencapaian posisi tersebut menjadi yang terbaik diraih Persib setelah menjuarai Liga Super Indonsia pada edisi 2014. Sejumlah perubahan pun dilakukan Persib untuk bisa mencapai tujuan akhir yakni sebagai juara di Liga 1 musim depan.

Perombakan pemain dilakukan dengan merekrut wajah baru, mempertahankan pemain berkualitas, hingga mempromosikan pemain muda. Hitung-hitungan itu dilakukan pelatih Robert Alberts untuk mendapatkan susunan pemain dan skuad ideal yang mampu bersaing.

Sejauh ini, Persib sudah melepas 12 pemain yang tergabung dalam skuad musim lalu. Adapun empat pemain mendapatkan kontrak tambahan yakni Febri Haryadi, Beckham Putra, Achmad Jufriyanto, dan Victor Igbonefo.

Persib juga mulai agresif dalam mendatangkan pemain anyar. Sebut saja Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Ciro Alves, David Rumakiek, dan Fitrul Dwi Rustapa diboyong pada bursa transfer jelang musim baru.

Yang menarik ditunggu adalah satu slot sisa pemain asing asal Asia yang saat ini masih diburu Persib Bandung. Selain itu, klub kebanggaan masyarakat Jawa Barat itu juga masih mencari pemain lokal berkualitas.

Lantas, seperti apa rencana dan strategi Persib Bandung untuk mengembalikan kejayaan yang sudah pergi sejak 2014? Berikut ini wawancara eksklusif dengan Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, saat mengunjungi kantor Bola.com, Senin (25/4/2022).

2 dari 4 halaman

Bergerak dalam Senyap

BRI Liga 1 musim depan akan digelar dalam hitungan bulan. Sejauh ini, bagaimana persiapan Persib Bandung dalam menyiapkan skuad yang mampu bersaing di kompetisi musim depan?

Saat ini kami lebih fokus pada perekrutan dan perpanjangan kontrak pemain. Tim akan mulai berlatih tanggal 16 Mei. Jadi sekarang pemain masih diliburkan karena setelah tiga bulan berada di Bali. Jauh dari keluarga sehingga diliburkan cukup panjang. Mereka tetap diberi program latihan mandiri supaya saat berkumpul secara kondisi tetap terjaga dan tidak kaget saat diberikan menu latihan.

Persib Bandung sudah merekrut lima pemain baru dalam persiapan menuju BRI Liga 1 musim depan. Posisi mana saja yang masih dibutuhkan untuk memperkuat skuad Persib?

Dari beberapa yang sudah direkrut kami masih ada satu posisi pemain asing Asia. Itu masih kami proses rekrutmennya dan mudah-mudahan sebelum latihan kami sudah bisa mendapatkan pemain tersebut.

Apakah sudah ada kandidat untuk pemain asing Asia tersebut?

Ada beberapa kandidat dan sedang kami seleksi serta scouting. Kita tunggu saja sampai proses pengumumannya.

Bocorannya apakah pemain dari Asia Timur atau Timur Tengah? Apakah sudah pernah bermain di Indonesia?

Belum tahu. Ada beberapa nama. Belum tahu juga pernah main di Indonesia. Ditunggu saja.

Persib baru memperpanjang kontrak beberapa pemain seperti Achmad Jufriyanto (35 tahun) dan Victor Igbonefo (36 tahun) yang secara usia sudah tidak lagi muda. Pertimbangan apa sih yang diambil manajemen?

Dari sisi manajemen pasti ini semua secara teknis sudah dipertimbangkan oleh tim pelatih. Pada akhirnya setiap keputusan teknis itu ada di pelatih sebenarnya. Dari beberapa diskusi yang kami lakukan dengan tim pelatih, bahwa peran Victor Igbonefo dan Jupe memang sangat vital di tim.

Dengan jiwa kepemimpinan, senioritas, dan keberadaan mereka ini bisa jadi penyeimbang di tim. Kami makin banyak pemain-pemain yang lebih muda. Kami tetap perlu sosok-sosok senior seperti Victor dan Jupe supaya bisa membimbing adik-adiknya dan membawa tim ini lebih baik dan konsisten.

Persib sudah melepas Esteban Vizcarra, apakah ada rencana untuk mendatangkan pemain naturalisasi lagi?

Saat ini, ditunggu saja sampai ada pengumuman berikutnya.

3 dari 4 halaman

Strategi Khusus

Persib merupakan satu di antara klub yang memiliki basis pemain muda banyak. Bagaimana strategi Persib dalam memaksimalkan para pemain muda untuk skuad musim depan?

Ada beberapa pemain yang akan dipromosikan dan ada yang sudah kami umumkan dari didikan diklat kami sendiri. Kami ingin ada kesinambungan dari akademi kami ke diklat, melalui tim satelit, hingga akhirnya bisa bermain di tim senior. Pada akhirnya kesempatan ini harus dipergunakan dengan sebaik-baiknya oleh pemain yang dipromosikan tadi.

Mudah-mudahan dengan ada di tim senior kemampuan mereka bisa cepat terangkat. Secara kemampuan pasti mereka akan melihat senior-seniornya cara bermain, trik, skil, dan lain-lain. Mudah-mudahan itu bisa menularkan ilmunya ke para juniornya.

Persib merupakan tim besar dan membutuhkan biaya yang cukup besar untuk menjalankan kompetisi secara penuh. Berapa sebenarnya anggaran operasional untuk Persib dalam semusim?

Saya tidak bisa sebutkan budgetnya. Akan tetapi, cukup besar. Strateginya dengan memaksimalkan dana dari sponsor. Untuk saat ini penghasilan klub paling besar dari sponsor dan itu yang perlu kami eksplorasi terus. Kami ingin klub beroperasi secara seasonable.

Terkait sponsor, pada masa pandemi COVID-19 kompetisi sepak bola di Indonesia sempat mati suri secara lebih dari 1,5 tahun. Bagaimana cara Persib untuk meyakinkan sponsor untuk tetap bertahan?

Di Persib hampir semua sponsor punya kontrak jangka panjang. Pada akhirnya, kami harus duduk bersama-sama untuk mencari solusi karena di tengah situasi pandemi yang boleh dikatakan force majeure, ya kami harus mencari solusi. Sebaiknya bagaimana karena tidak ada kompetisi dan hal-hal apa yang bisa kami lakukan selama tidak ada kompetisi.

Kemudian hal-hal apa yang bisa sponsor terima dari kegiatan yang kami lakukan tanpa ada kompetisi. Dari situ kami akhirnya mendapatkan kesempatan selama masa pandemi COVID-19 itu.

Persib akan berlaga di Kualifikasi Piala AFC 2023/2024 di mana ada aturan yang ketat untuk sponsor di jersey klub. Sebagai klub dengan sponsor yang banyak terpampang di jersey, bagaimana cara Persib nantinya memilih sponsor yang akan digunakan?

Di AFC aturannya hanya boleh satu sponsor. Jadi, kami akan ikuti regulasi AFC yakni hanya ada satu sponsor. Kami akan melakukan pembicaraan dengan sponsor untuk itu.

Persib menyumbang empat pemain di Timnas Indonesia U-23 proyeksi SEA Games 2021 seperti Kakang Rudianto, Rachmat Irianto, Marc Klok, dan Ricky Kambuaya. Apa harapan dari manajemen untuk keempat pemain tersebut?

Mudah-mudahan mereka bisa memberikan kontribusi yang maksimal untuk Timnas Indonesia U-23. Mudah-mudahan Timnas juga bisa berprestasi di turnamen internasional.

4 dari 4 halaman

Target Terbaik

Persib sudah lama tidak menjadi juara di kompetisi sepak bola Indonesia. Apa target yang akan dibebankan kepada klub untuk musim depan?

Pastinya kami ingin yang terbaik pada setiap kompetisi semua klub ingin yang terbaik. Namun, yang juara hanya satu jadi kita semua berkompetisi dengan baik. Caranya dengan persiapan, mulai melakukan rekrutmen, pada saat tim sudah berlatih kami adakan pramusim yang baik. Kami memilih turnamen pramusim yang ada dan memaksimalkan pada kompetisi. Mudah-mudahan kami bisa mendapatkan hasil yang baik pada kompetisi tahun ini.

Apakah sudah ada bocoran terkait turnamen pramusim yang akan diikuti?

Belum ada. Kami menunggu jadwal liga tanggal berapa. Itu akan menentukan program tim.

Kompetisi BRI Liga 1 digelar secara bubble dengan segala keterbatasannya. Apa yang menjadi catatan Persib terkait penyelenggaraan dan saran untuk operator liga untuk musim depan?

Kompetisi tahun lalu boleh dikatakan sebagai kompetisi tidak ideal. Kami bermain dengan sistem bubble dan serinya berpindah-pindah. Akan tetapi, memang situasi belum pernah kami lakukan dan bagi kami sangat bersyukur kompetisi bisa mulai lagi setelah dua tahun tidak ada kompetisi.

Lebih baik kami berkompetisi meskipun situasi tidak ideal karena memang sepak bola harus berjalan dan tetap bergulir. Ada jutaan orang yang bergantung pada sepak bola dan sepak bola sudah menjadi hiburan bagi masyarakat Indonesia. Kami dukung apapun keputusan yang dibuat PSSI dan PT LIB.

Kami menilai sudah berjalan cukup baik di tengah situasi yang tidak ideal. Semua pihak bekerja keras dan bahu membahu agar kompetisi bisa selesai dan terbukti bisa selesai. Ada beberapa catatan, namun itu situasional. Seperti tiba-tiba badai COVID-19 menghantam beberapa tim, ya kami cari solusi yang terbaik dengan pemikiran sepak bola harus berjalan.

BRI Liga 1 musim depan diwacanakan dengan kehadiran suporter. Bagaimana sikap Persib dan cara untuk membantu kelancaran kompetisi dengan kehadiran suporter?

Kami pasti menyambut dengan sangat senang adanya liga 2022/2023 sudah bisa dihadiri penonton. Kami menyambut dengan antusias dan mudah-mudahan ini bisa menjadi obat rindu bagi kita semua setelah dua tahun tidak bisa menonton di stadion.

Akan tetapi, tentu saja kita semua harus mengikuti aturan yang akan ditentukan oleh PT Liga Indonesia Baru sebagai operator agar pertandingan setiap klub bisa disaksikan oleh penonton. Pasti ada prosedurnya dan itu akan kita ikuti. Kita harus disiplin untuk mengikuti aturan yang ditetapkan.

Pesan untuk suporter Persib Bandung dengan rencana sistem kompetisi yang bakal normal dengan kandang tandang dan dihadiri penonton di stadion?

Sesuatu yang harus kami syukuri. Namun, pada saat nanti sudah ditetapkan sistem kandang-tandang, pasti akan ada aturan yang diterapkan PT LIB untuk penonton. Kami belum tahu aturannya apa, namun untuk kebaikan bersama sebaiknya dipatuhi aturan yang dikeluarkan oleh PT LIB. Pada akhirnya kami ingin sepak bola berjalan dengan baik.

Video Populer

Foto Populer