Sukses


Tiga Kemenangan Besar Timnas Indonesia atas Malaysia di SEA Games: Tim Garuda Pernah Lumat Harimau Malaya Setengah Lusin Gol

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, mengakui anak asuhnya kelelahan secara mental setelah menghadapi Thailand pada laga semifinal SEA Games 2021, Kamis (19/5/2022).

Bermain selama 120 menit, Fachruddin Aryanto dkk dipaksa menyerah 0-1 dari Tim Gajah Putih. Tak hanya menelan kekalahan, tiga pemain Timnas Indonesia U-23 juga diganjar kartu merah, yakni Firza Andika, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya pada akhir laga.

Akibat sanksi tersebut, ketiganya dipastikan absen saat Timnas U-23 menghadapi Malaysia di perebutan medali perunggu di My Dinh National Stadium, Hanoi, Minggu (22/5/2022) sore WIB.

Namun, pelatih asal Korea Selatan tersebut bisa menyuntikkan motivasi dengan melihat catatan pertemuan kedua negara. Walaupun kalah secara head-to-head, beberapa kemenangan yang diraih Indonesia tercipta dengan skor fantastis.

Bola.com coba mereview kembali setiap kemenangan telak Timnas Indonesia atas Malaysia di SEA Games. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

 

2 dari 5 halaman

Timnas Indonesia 3-0 Malaysia (SEA Games 1995 - Thailand)

Kemenangan besar pertama Timnas Indonesia atas Malaysia terjadi pada SEA Games 1995 yang berlangsung di Thailand. Pada pertemuan fase grup, Indonesia berhasil merebut kemenangan telak 3-0 atas Malaysia.

Mendiang Eri Irianto sudah membuka keunggulan pada babak pertama. Setelahnya giliran Fakhri Husaini beraksi dengan menciptakan brace ke gawang tim berjulukan Harimau Malaya tersebut.

Namun sayangnya, kemenangan ini tak cukup untuk meloloskan Indonesia ke babak selanjutnya. Tim Garuda gagal bersaing dengan Thailand dan Vietnam yang menghuni peringkat satu dan dua.

 

3 dari 5 halaman

Timnas Indonesia 4-0 Malaysia (SEA Games 1997 - Indonesia)

Dua tahun berselang, Timnas Indonesia kembali berhasil merebut kemenangan telak pada derbi Melayu. Tampil di depan pendukungnya sendiri, skuad asuhan Henk Wullems tersebut berhasil menang telak 4-0 atas Malaysia pada penyisihan grup.

Fakhri Husaini yang sekali lagi terlibat dalam pertandingan ini, tampil moncer. Dua gol berhasil diciptakan di masing-masing babak untuk membuka keunggulan. Sementara dua gol lainnya diciptakan Widodo C. Putro dan penyerang muda Kurniawan Dwi Yulianto.

Indonesia pun berhasil melaju hingga final setelah menumbangkan Singapura di empat besar. Sayangnya, Indonesia justru keok lewat drama adu penalti dari Thailand.

 

4 dari 5 halaman

Timnas Indonesia 6-0 Malaysia (SEA Games 1999 - Brunei Darussalam)

Kemenangan terbesar Timnas Indonesia atas Malaysia hadir pada perhelatan SEA Games 1999 di Brunei Darussalam. Tak tanggung-tanggung, tim besutan Bernard Schumm itu melumat Malaysia setengah lusin gol.

Rochi Putiray dan Bambang Pamungkas menjadi bintang kemenangan dengan masing-masing menyumbangkan dua gol. Sementara itu, dua gol lainnya diciptakan Haryanto Prasetyo dan Ali Sunan.

Sama seperti penyelenggaraan dua tahun sebelumnya, Indonesia kembali melaju ke empat besar. Tetapi kali ini, mereka terhenti di tangan Vietnam. Meski begitu, mereka masih bisa menyelamatkan muka dengan merebut perunggu setelah menang atas Singapura lewat drama adu penalti. 

5 dari 5 halaman

Simak Berita SEA Games 2021 di Bola.com

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer