Sukses


Balada Todd Rivaldo Fere: 6 Bulan Skors, Beralih ke Futsal, Buka Lembaran Baru bersama PSS di Piala Presiden 2022

Bola.com, Solo - Selalu ada pembelajaran di setiap hukuman. Pemain anyar PSS Sleman, Todd Rivaldo Ferre memahami betul hal itu setelah mengalami pasang surut karier selama satu tahun terakhir.

Sempat digadang-gadang sebagai penerus kebesaran Boaz Solossa yang meninggalkan Persipura Jayapura di awal musim lalu. Ia justru menjadi pesakitan tanpa kehadiran sang senior.

Aksi tak terpujinya saat membela bersama Persipura Jayapura di kompetisi BRI Liga 1 2021/22, membuahkan sanksi berat. Selama enam bulan lamanya, ia terpaksa menjauh dari lapangan hijau.

Sebagai seorang pemain muda, hukuman tersebut ibarat sebuah kiamat kecil. Karier Todd Rivaldo Ferre yang tengah menanjak tinggi, terhempas sekencang-kencangnya dengan adanya peristiwa tersebut.

2 dari 5 halaman

Buka Lembaran Baru

PSS Sleman menyelamatkan masa depannya di sepak bola. Tawaran datang di awal musim 2022/23 kepada pemain berusia 23 tahun itu tepat setelah hukumannya berakhir. 

Todd Ferre telah menjalani laga debutnya saat beruji coba dengan Bali United, akhir pekan lalu. Tetapi bermain di laga pembuka Piala Presiden 2022 kontra tuan rumah Persis Solo di Stadion Manahan, Solo (5/6/2022), tetap terasa berbeda.Ini merupakan kali pertamanya baginya bermain penuh di sebuah laga 'kompetitif'. 

3 dari 5 halaman

Terlahir Kembali

Di bawah racikan Seto Nurdiyantoro, ia mengaku beruntung bisa kembali terlahir kembali di Bumi Sembada.

"Saya merasa sangat bersyukur sama Tuhan Yesus. Setelah saya melewati sanksi kemarin, akhirnya bisa bermain lagi. Adaptasi di sini sangat baik, teman-teman juga sangat welcome dengan kedatangan saya. Semoga bisa terus memberikan yang terbaik untuk PSS," harapnya.

 

4 dari 5 halaman

Jadi Pemain Futsal

Enam bulan tanpa menjalani pekerjaan yang dicintainya, tak membuat Todd Ferre putus asa. Ia tetap menempa dirinya dengan latihan keras. Eks penggawa Timnas Indonesia U-19 ini memilih berpaling sejenak ke futsal.

Menurutnya, intensitas tinggi di olahraga futsal membuat kondisi fisiknya tetap terjaga. Dengan lapangan yang lebih sempit, sentuhan bolanya juga tetap terasah.

"Saya enam bulan sanksi tetap latihan juga di Jayapura. Ikut turnamen-turnamen antar kampung, terus di sana main futsal juga. Kalau futsal, saya melihat itu untuk mengembalikan skill saya karena sempat libur," ungkapnya.

5 dari 5 halaman

Jejak Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer