Sukses


Timnas Indonesia U-19 Terdepak dari Piala AFF U-19 2022 karena Aturan Head to Head, Netizen: Thailand sama Vietnam Janjian Nih

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 terdepak dari Piala AFF U-19 2022, meskipun meraih kemenangan besar atas Myanmar pada laga terakhir Grup A. Tim Garuda Nusantara tersingkir karena aturan head to head.

Timnas Indonesia U-19, Thailand, dan Vietnam sama-sama mengincar tiket menembus semifinal Piala AFF U-19 2022. Pasalnya, ketiga tim terpaut angka yang tak terlalu jauh.

Sebelum laga terakhir Grup A pada Minggu (10/7/2022) malam WIB, Vietnam berada di urutan teratas dengan nilai 10, disusul Thailand dengan angka yang sama, serta Timnas U-19 di peringkat ketiga dengan 8 poin.

Hanya terpaut dua poin membuat Timnas Indonesia U-19 wajib menang saat bersua Myanmar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Raihan tiga poin akan membuat Tim asuhan Shin Tae-yong tersebut melenggang ke semifinal.

Akan tetapi, Timnas Indonesia U-19 juga baru bisa lolos ke fase knock-out jika Vietnam yang bersua Thailand saling mengalahkan, atau minimal skor imbang tanpa gol.

 

2 dari 10 halaman

Terdepak Secara Tragis

Butuh kemenangan, Timnas Indonesia U-19 bermain spartan saat bersua Myanmar. Kendati sempat tertinggal lebih dulu, tim asuhan Shin Tae-yong itu berhasil melumat Myanmar dengan skor 5-1.

Kelima gol Tim Garuda Nusantara disarangkan Muhammad Ferrari (18', 32'), Arkhan Fikri (26'), Rabbani Tasnim (34'), dan Ronaldo Kwateh (73'). Adapun gol tunggal Myanmar dicetak La Min Htwe pada menit ke-8.

Sayangnya, hasil positif tersebut tak cukup membawa Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal. Pada saat yang bersamaan, Thailand dan Vietnam bermain imbang 1-1.

Alhasil, Ronaldo Kwateh dkk. hanya berada di urutan ketiga Grup A dengan nilai 11. Timnas Indonesia U-19 kalah head to head dari Vietnam dan Thailand yang menembus semifinal Piala AFF U-19 sebagai juara grup serta runner-up.

 

3 dari 10 halaman

Bikin Netizen Murka

Kegagalan Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 membuat suporter di Tanah Air geram. Namun bukan kepada Tim Garuda Nusantara, tetapi Timnas Vietnam dan Thailand yang diduga bermain mata, serta aturan head to head yang dianggap sudah usang.

Berikut ini adalah beberapa luapan kekecewaan warganet pendukung Timnas Indonesia U-19 di Twitter.

4 dari 10 halaman

Teruslah Terbang Garuda Mudaku

5 dari 10 halaman

Thailand dan Vietnam Janjian Nih

6 dari 10 halaman

Perasaan Campur Aduk

7 dari 10 halaman

Bikin Bangga Rakyat Indonesia

8 dari 10 halaman

Aturan yang Rugikan Timnas Indonesia U-19

9 dari 10 halaman

Duel Menjijikkan

10 dari 10 halaman

Juara di Hati Rakyat Indonesia

Video Populer

Foto Populer