Sukses


PSSI Bakal Tembuskan Surat Protes Dugaan Main Mata pada Duel Vietnam Vs Thailand ke AFC dan FIFA

Bola.com, Jakarta - PSSI secara resmi telah mengirimkan surat protes ke AFF terkait dugaan main mata antara Vietnam dan Thailand di Piala AFF U-19 2022, Senin (11/7/2022). Tak tanggung-tanggung, surat tersebut juga akan ditembuskan ke AFC dan FIFA.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut pihaknya juga menyertakan bukti berupa rekaman video pertandingan Vietnam Vs Thailand dalam laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022.

Semuanya dilakukan agar kasus semacam ini tidak lagi terjadi di dunia sepak bola Asia Tenggara dan dunia. "Pasti tembusannya ada ke AFC dan FIFA. Supaya FIFA mengetahui juga dengan AFC," kata Mochamad Iriawan.

"Kami juga kirim bukti rekaman ke AFC, FIFA, dan AFF. Rekaman sudah kami sunting dan serahkan semua 2x45 menit. Juga yang 10 menit terakhir itu," tegas pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

Laga Vietnam melawan Thailand berakhir imbang 1-1 yang membuat keduanya lolos secara bersama ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Adapun hasil tersebut menggugurkan langkah Timnas Indonesia U-19 yang tersingkir karena kalah secara head to head dari dua tim tersebut.

2 dari 5 halaman

Menanti Respons

Mochamad Iriawan berharap, AFF segera merespon surat protes yang dikirim oleh PSSI. Berbagai komunikasi dijalin agar masalah ini segera menemui titik temu.

"Kami tadi menelepon Sekjen AFF dan Dato Winsor (Sekjen AFC). Saya sampaikan, surat ini tolong direspons oleh AFF," ujar Iriawan.

"Kami berkomunikasi baik dengan mereka. Insyaallah surat protes ini akan segera ditindaklanjuti," ujar Iriawan.

3 dari 5 halaman

Bikin Terluka

Mochamad Iriawan menyebut, permainan tidak serius dari Vietnam dan Thailand melukai perasaan masyarakat Indonesia. Inilah yang menjadi dasar kuat bagi PSSI dalam melayangkan surat protes ke AFF.

‘’Kalau mereka mainnya benar, saya tidak masalah. Ini terlihat mereka main-main. Ini yang membuat kami terluka. Itu sebabnya saya akan mengirim surat protes resmi kepada AFF agar mereka melakukan investigasi melalui Komite Disiplin (Komdis) AFF," ucap Iriawan.

"Apakah ada match fixing atau tidak. Kalau tidak terbukti ya tidak masalah. Saat ini banyak netizen yang meminta Indonesia keluar dari AFF karena mereka menganggap ada permainan,’’ ucap Iriawan.

4 dari 5 halaman

STY Tersinggung

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, tersinggung timnya kalah secara tragis di Piala AFF U-19 2022. Shin Tae-yong menuding ada aksi terencana untuk menyingkirkan Timnas U-19 yang dilakukan Thailand dan Vietnam.

"Thailand dan Vietnam memang sepertinya takut dengan Indonesia. Oleh karena itu, saya sedikit tersinggung dan tak senang dengan situasi ini," kata Shin Tae-yong.

"Artinya Thailand dan Vietnam sudah merasakan sepak bola Indonesia makin baik. Sehingga mereka buat hasil seperti itu," ucap Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

Ucapkan Terima Kasih

Pelatih Shin Tae-yong juga mengucapkan terima kasih kepada para pemainnya yang sudah bekerja keras sepanjang pertandingan. Pelatih asal Korea Selatan itu mengaku bangga dengan perjuangan para pemain Timnas Indonesia U-19.

"Saya ingin ucapkan terima kasih banyak kepada para pemain yang sudah bekerja keras, maksimal, dan menjadikan laga ini tidak disesali hasilnya. Jadi, saya ingin ucapkan terima kasih sekali lagi untuk para pemain saya," ujar Shin Tae-yong.

Pada laga tersebut, Timnas U-19 mencetak gol melalui aksi Muhammad Ferarri (18', 32'), Arkhan Fikri (26'), Rabbani Tasnim (34'), dan Ronaldo Kwateh (73'). Adapun gol Myanmar dibukukan oleh La Min Gtiwe (8').

Video Populer

Foto Populer