Sukses


5 Bomber Paling Kinclong di Liga Indonesia: Cristian Gonzales Tertajam, Budi Sudarsono Kedua

Bola.com, Jakarta - Sejak pertama kali digulirkan pada 1994, Liga Indonesia (Ligina) selalu menghadirkan penyerang haus gol. Ligina merupakan gabungan dari kompetisi Perserikatan dan Galatama.

Jauh sebelum ada nama-nama seperti Boaz Solossa atau Bambang Pamungkas misalnya, sudah ada Peri Sandria, penyerang Bandung Raya yang menjadi top scorer Liga Indonesia edisi 1994-1995. Ia mencetak 34 gol dalam semusim.

Selain itu, Peri Sandria juga masih memegang rekor yang belum dipecahkan oleh pemain lokal mana pun, yakni gol terbanyak dalam semusim.

Sylvano Comvalius mampu menjadi pencetak gol terbanyak dalam semusim, yakni 37 gol pada Liga 1 2017 silam. Namun, belum ada pemain lokal yang mampu menyamai catatan tersebut.

Setelah Peri dan Boaz, nyaris tak ada deretan striker lokal yang mendominasi tabel top scorer, kecuali Cristian Gonzales dan Alberto Goncalves yang berstatus pemain naturalisasi. Tercatat hanya Bambang Pamungkas dan Ilham Jayakesuma yang sempat menduduki pencetak gol terbanyak.

Beruntun, muncul nama-nama asing yang kerap kali menjadi top scorer Liga Indonesia, sebut saja Dejan Gluscevic, Jacksen F. Tiago, sampai Alain Mabenda.

Berikut ini Bola.com merangkum lima pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Liga Indonesia yang dimulai sejak 1994 hingga sekarang yang dihimpun dari Kata Data.

2 dari 7 halaman

1. Cristian Gonzales - 249 Gol

Cristian Gonzales memimpin daftar pencetak gol terbanyak di Liga Indonesia. Striker yang mendapat julukan El Loco itu menorehkan 185 gol.

Cristian Gonzales telah bermain di Indonesia sejak 2003. Pemain naturalisasi kelahiran Uruguay itu masih bermain dalam usia ke-45 tahun dengan membela RANS Nusantara FC.

3 dari 7 halaman

2. Budi Sudarsono - 185 Gol

Budi Sudarsono menjadi pemain kedua tersubur di Liga Indonesia. Penyerang dengan sebutan lain Ular Piton itu membukukan 185 gol.

Budi Sudarsono memulai kariernya pada 1999 dengan membela Persebaya Surabaya. Mantan pemain berusia 42 tahun itu terakhir kali beraksi pada 2015 ketika memperkuat Persikabo Bogor.

4 dari 7 halaman

3. Bambang Pamungkas - 178 Gol

Selama 18 tahun kariernya di Liga Indonesia, Bambang Pamungkas mencatatkan 178 gol. Sebagian besar golnya tercipta ketika berkiprah di Persija Jakarta.

Selain Persija, Bambang juga pernah berkostum klub Malaysia, Selangor FC pada 2005-2007 dan Pelita Bandung Raya (PBR) pada 2014. Mantan pemain berusia 42 tahun itu pensiun pada 2019.

5 dari 7 halaman

4. Boaz Solossa - 176 Gol

Boaz Solossa berada di peringkat keempat daftar pencetak gol terbanyak Liga Indonesia. Penyerang PSS Sleman itu mengoleksi 176 gol.

Boaz membela Persipura sejak 2004 sampai 2021. Namun, per musim lalu, penyerang berusia 36 tahun itu membela Borneo FC dan PSS di tahun ini.

6 dari 7 halaman

5. Kurniawan Dwi Yulianto - 149 Gol

Kurniawan Dwi Yulianto masuk lis pemain tersubur di Liga Indonesia. Mantan penyerang dengan sebutan lain Si Kurus itu membuat 149 gol.

Kurniawan memulai kariernya di Liga Indonesia pada 1995 sebelum pensiun pada 2013. Pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah itu kini beralih profesi sebagai pelatih.

7 dari 7 halaman

Klasemen BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer