Sukses


BRI Liga 1: Hari Pertama Melatih, Ini yang Dilakukan Rodney Goncalves untuk Skuad Barito Putera

Bola.com, Pati - Pelatih anyar Barito Putera, Rodney Goncalves, mulai memimpin latihan Rizki Pora dkk. dalam lanjutan BRI Liga 1 2022/2023.

Dia telah bergabung dengan Laskar Antasari di Lapangan Safin Pati Football Academy (SPFA), Mojoagung, Trangkil, Pati, Kamis (22/9/2022). Apa menu yang diberikan Rodney di hari pertama masa kerjanya?

Dari video yang diunggah akun Instagram resmi klub @psbaritoputeraofficial, pelatih asal Brasil ini memulai dengan perkenalan dengan seluruh anggota skuad Barito Putera.

2 dari 5 halaman

Motivasi

Berikutnya, sebelum latihan dimulai, Rodney mengingatkan anak asuhnya dengan kalimat bahasa Inggris sarat motivasi.

"Kalian latihan bukan untuk saya. Juga bukan untuk pelatih lainnya. Kalian berlatih untuk diri sendiri dan tim," katanya.

Ketika memasuki menu latihan sesungguhnya, mantan asisten pelatih Timnas Brasil U-17 ini tak henti-hentinya berteriak memberi instruksi kepada pemain Barito Putera. Tampaknya Rodney ini semua pemain bergerak dinamis dengan bola atau tanpa bola.

"Ayo lari, jangan berhenti. Cari ruang dan buka peluang," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Papan Peraga

Rodney Goncalves juga menjelaskan taktik dan skema cara bermain dengan menggunakan papan peraga.

"Ini bergerak ke sini. Yang ini masuk ke sini. Dan, kita mencetak gol tanpa ada pemain belakang lawan," ucapnya.

Jika diterjemahkan, kayaknya Rodney mengajarkan kepada pemain Barito Putera bagaimana bermain dinamis dan terus menguasai bola. Mereka dituntut bisa mencetak gol dengan mudah, setelah melewati bek-bek lawan.

4 dari 5 halaman

Ujian Pertama

Racikan Rodney Goncalves akan diuji pada laga kandang pekan ke-11 saat Barito Putera menjamu Persik di Stadion Demang Lehman Martapura, Kamis (29/9/2022) mendatang.

Partai ini sangat penting bagi kedua tim berebut poin guna menghindari dasar klasemen sementara. Seperti diketahui, Barito Putera dan Persik masih terjerat di zona degradasi dengan selisih satu poin. Barito Putera di urutan ke-17, sedangkan Macan Putih masih terbenam di peringkat 18.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer