Sukses


Hasil Kualifikasi Piala Asia U-17 2023: Kalahkan UEA, Timnas Indonesia U-17 Buka Peluang Lolos ke Bahrain!

Bola.com, Bogor - Timnas Indonesia U-17 meraih kemenangan kedua di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Dalam laga kedua Grup B yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (5/10/2022) lalu, Garuda Asia menang 3-2

Bima Sakti mempertahankan nyaris semua pemain yang dimainkan dalam laga sebelumnya melawan Guam U-17. Hanya dua pemain yang bermain di laga itu tapi absen di laga melawan UEA ini.

Dua pemain yang dimaksud adalah Hanif Ramadhan dan Narenda Tegar. Figo Dennis dan Zidan Arrosyid menggantikan posisi mereka.

Timnas Indonesia U-17 tampil percaya diri dalam laga ini. Laga baru berjalan 17 menit, Nabil Asyura sudah mampu mencetak gol bagi Garuda Asia.

Menerima umpan dari sisi sayap, Nabil yang berdiri bebas di dalam kotak penalti tanpa ragu melepaskan tembakan voli keras. Bola bersarang di sisi kanan atas gawang UEA.

Timnas Indonesia U-17 tampil lebih percaya diri lagi. Memasuki menit ke-29, Arkhan Kaka mencetak gol kedua Garuda Asia.

Gol ini dicetak dengan cara yang menarik. Sebelum mencetak gol, Kaka menerima umpan yang sangat indah dari Kafiatur Rizky dengan menggunakan kaki bagian luar.

2 dari 5 halaman

Lengah

Dalam 15 menit akhir babak pertama, Timnas Indonesia U-17 sedikit lengah. Hal itu mampu dimanfaatkan Uni Emirat Arab yang mampu mencetak dua gol.

Gol pertama skuad asuhan Alberto Cabot tercipta pada menit ke-31. Gol ini tercipta berkat aksi individual penyerang UEA, Waleed Mallalla.

Gaith Abdalla sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-39. Ruang lebar yang ia dapatkan tak disia-siakan. Babak pertama berakhir dengan skor 2-2.

3 dari 5 halaman

Unggul Lagi di Babak Kedua

Bima Sakti melakukan satu pergantian cepat di awal babak kedua. Jehan Pahlevi masuk untuk menggantikan posisi Zidan Arrosyid. Bima ingin ada tenaga tambahan di sisi sayap.

Memasuki menit ke-55, Arkhan Kaka kembali membawa Timnas Indonesia U-17 unggul. Kaka pintar mencari ruang dan dengan cerdik menceploskan bola ke sisi kiri gawang UEA.

Kapten Timnas Indonesia U-17, Iqbal Gwijangge, mendapat kartu kuning. Ia melanggar Waleed Mallalla dengan keras pada menit ke-59. Sedikit ada friksi di antara keduanya setelah pelanggaran itu.

Arkhan Kaka kembali mendapatkan peluang pada menit ke-75. Namun, kali ini tandukan pemain berusia 14 tahun itu masih bisa ditahan kiper UEA.

4 dari 5 halaman

Pertahankan Keunggulan

Tempo pertandingan menjadi lebih santai setelah menit ke-75. Timnas Indonesia U-17 lebih tenang dan mencoba mempertahankan keunggulan.

Di sisi lain, Uni Emirat Arab tampaknya mulai kehabisan energi. Serangan-serangan mereka tak setajam babak pertama.

Arkhan Kaka kembali mendapatkan peluang pada menit ke-80. Lagi-lagi tandukan Kaka masih bisa ditangkap kiper UEA, Hamdan Alhammadi.

Tak ada lagi gol yang tercipta di sisa babak kedua. Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia U-17 naik ke puncak klasemen Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Kondisi ini membuat peluang lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 makin besar, juga menjadi modal bagus untuk menghadapi Palestina dua hari lagi.

5 dari 5 halaman

Daftar Susunan Pemain

  • Timnas Indonesia U-17 (4-4-2): Andrika Fathir (Kiper), Rizdjar Subagja, Sulthan Zaky, Iqbal Gwijangge, Habil Yafi (Belakang), Kafiatur Rizky, Figo Dennis, Zidan Arroysid, Riski Afrisal (Tengah), Nabil, Asyura, Arkhan Kaka (Depan).
  • Pelatih: Bima Sakti
  • Uni Emirat Arab U-17 (4-3-3): Hamdan Alhammadi (Kiper), Rashid Alshamsi, Hussain Lengawi, Saeed Mohammad, Ahmed Katta (Belalang), Ali Sayah, Abdalla Alblooshi, Abdulaziz Almarzooqi (Tengah), Waleed Mallala, Mohammed Almansoori, Gaith Abdalla (Depan).
  • Pelatih: Alberto Cabot

Video Populer

Foto Populer