Sukses


Madura United Salah Perhitungan Soal Persiapan Menuju Liga 1, Fabio Lefundes Enggan Disalahkan

Bola.com, Bangkalan - Lanjutan Liga 1 2022/2023 dipastikan bakal digelar pada 5 Desember 2022. Meski tergolong mendadak, banyak tim tidak keberatan karena sudah menjalani periode latihan selama masa jeda.

Namun, bagi Madura United kepastian itu justru menjadi bencana. Laskar Sape Kerrap menjadi satu-satunya tim yang meliburkan pemain dan baru memulai kembali pemusatan latihan pada 1 Desember 2022.

Apesnya, mereka sudah akan langsun menghadapi PSIS Semarang di Stadion Manahan, Solo, Senin (5/12/2022) sore. Artinya Madura United hanya memiliki waktu efektif selama tiga hari untuk pertandingan pertamanya setelah kompetisi Liga 1 berlanjut, mengingat satu hari digunakan untuk melakukan perjalanan.

Pelatih Madura United, Fabio Lefundes, mengakui waktu yang dimiliki memang benar-benar mepet. Namun, ia berharap para pemain bisa menjalani program latihan mandiri dengan benar agar kondisi fisiknya tidak benar-benar turun.

"Setelah satu bulan kami libur, akhirnya mulai latihan lagi. Ini keputusan dari manajemen dan kami hormati. Kami sudah bikin program untuk mereka agar tetap berlatih di rumah supaya tidak turun performa fisiknya," jelas pelatih Madura United itu.

 

2 dari 5 halaman

Manajemen Salah Perhitungan

Pelatih asal Brasil itu mengakui bila ada kalkulasi yang salah dari manajemen Madura United. Ia mendapatkan informasi bila lanjutan kompetisi Liga 1 2022/2023 tidak akan digelar hingga pergantian tahun.

Namun, apa yang terjadi sungguh di luar prediksi. Perubahan direksi dalam struktural PT Liga Indonesia Baru (LIB) membuat pihak operator kompetisi bisa melakukan 'manuver' agar kompetisi bisa segera berlanjut.

"Waktu itu manajemen ambil keputusan untuk libur, yang saya dapat kami latihan nanti Januari. Setelah saya dapat info terbaru, tentu kaget. Namun, saya tidak mau buru-buru, saya tahu apa yang harus kami lakukan," jelasnya.

"Manajemen sudah berorientasi kami untuk libur satu bulan dan ternyata kami harus balik cepat. Saya kembali bekerja dan latihan lagi dengan pemain. Saya harus kasih info ke mereka harus berbuat apa dan percaya," imbuh pelatih berusia 50 tahun tersebut.

 

3 dari 5 halaman

Lefundes Enggan Disalahkan

Madura United untuk sementara berada di posisi kedua dengan raihan 23 poin. Mereka hanya kalah selisih gol dari Borneo FC Samarinda yang menduduki puncak klasemen.

Namun, dengan apa yang terjadi di internal tim Madura United, tentu akan sangat sulit mempertahankan posisi tersebut. Waktu yang mepet membuat mereka tertinggal sangat jauh dari kontestan lainnya.

"Dari 18 tim di Liga 1, cuma satu yang libur. Jadi ada 17 tim yang berada di kondisi berbeda. Jadi (tidak tahu) ke depannya, kita lihat apakah strategi dari manajemen Madura United itu baik atau bagaimana nantinya. Jadi biar waktu yang akan bicara," tandasnya.

4 dari 5 halaman

Jadwal Pekan 12 Liga 1 2022/2023

- Bhayangkara FC Vs PSS Sleman (5 Desember 2022, Stadion Jatidiri)

- Madura United Vs PSIS Semarang (5 Desember 2022, Stadion Manahan

- PSM Makassar Vs Persikabo 1973 (5 Desember 2022, Stadion Sultan Agung)

- Persita Tangerang Vs Bali United (5 Desember 2022, Stadion Manahan)

- Persebaya Surabaya Vs Barito Putera (6 Desember 2022, Stadion Maguwoharjo)

- Persis Solo Vs RANS Nusantara (6 Desember 2022, Stadion Maguwoharjo)

- Persija Jakarta Vs Borneo FC Samarinda (6 Desember 2022, Stadion Sultan Agung)

- Dewa United Vs Arema FC (7 Desember 2022, Stadion Manahan)

- Persik Kediri Vs Persib Bandung (7 Desember 2022, Stadion Manahan)

5 dari 5 halaman

Persaingan di Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer