Sukses


Gianni Infantino Ingin Jadikan Piala AFF sebagai Turnamen Resmi FIFA

Bola.com, Pathum Thani - Kabar bahagia datang dari Piala AFF. Presiden FIFA, Gianni Infantino, memberi sinyal ingin menjadikan turnamen elite Asia Tenggara itu masuk dalam agenda FIFA.

Rencana besar itu diungkapkan Gianni Infantino saat menonton leg 2 final Piala AFF 2022 antara Thailand Vs Vietnam (16/1/2023). Kehadiran orang nomor 1 FIFA itu di Thailand atas undangan dari Presiden AFF, Khiev Sameth.

Gianni Infantino juga menjadi sosok yang menyerahkan trofi kepada Thailand sebagai juara Piala AFF 2022. Menurut Gianni Infantino, sepak bola Asia Tenggara mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir melalui Piala AFF.

"Piala AFF harus ditingkatkan menjadi turnamen FIFA. Kami harus memastikan turnamen ini semakin berkembang," kata Gianni Infantino seperti dikutip Zing.

2 dari 4 halaman

Semakin Besar

Dengan menjadi turnamen bagian dari FIFA, Gianni Infantino yakin Piala AFF akan semakin berkembang. Rencana itu bakal dibahas lebih lanjut dalam waktu dekat oleh FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

"Jika kita bekerja sama, saya yakin Piala AFF akan semakin menjadi besar dengan persetujuan dari FIFA," tegas Gianni Infantino.

"Turnamen ini dianggap sebagai agenda penting bagi kawasan Asia Tengara. Dengan populasi lebih dari 650 juta orang, masyarakat Asia Tenggara semuanya sangat menyukai sepak bola," ucap Gianni Infantino.

3 dari 4 halaman

Bakal Menarik

Rencana FIFA tersebut tentu sangat menarik. Nantinya, Piala AFF akan menjadi turnamen elite yang tidak lagi dipandang sebelah mata oleh internasional.

Dengan status diakui FIFA, maka klub-klub wajib melepas pemain saat Piala AFF. Berbeda dengan saat ini, klub-klub besar cenderung enggan mengizinkan pemain bermain pada Piala AFF karena tak masuk agenda FIFA.

Piala AFF pada masa depan bakal menjadi panggung dari para pemain elite. Ajang ini juga bakal semakin mencuri perhatian internasional saat sudah berstatus agenda resmi FIFA.

4 dari 4 halaman

Thailand Dominan

Keberhasilan Timnas Thailand menjadi juara Piala AFF 2022 ini kian menegaskan Changsuek sebagai raja sepak bola ASEAN.

Gelar juara pada Piala AFF 2022 ini merupakan gelar ketujuh yang diraih sepanjang sejarah Piala AFF. Hanya Timnas Singapura yang mendekati catatan Thailand.

The Lions meraih empat gelar juara Piala AFF. Gelar terakhir mereka raih pada edisi Piala AFF 2012.

Video Populer

Foto Populer