Sukses


BRI Liga 1: Ingin Jaga Tren Kemenangan, Persebaya Siapkan Taktik Jitu untuk Tundukkan PSS

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya mulai menata persiapan untuk menatap pekan ke-24 BRI Liga 1 2022/2023. Mereka dijadwalkan menjamu PSS Sleman di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Senin (13/02/2023).

Tim berjulukan Bajul Ijo itu seharusnya menjalani lawatan ke kandang PSIS Semarang dalam pekan ke-23, hari ini, Rabu (8/2/2023). Sayang, duel itu terpaksa ditunda dengan alasan keamanan.

Kabar ini menambah daftar laga tunda Persebaya. Sebelumnya, mereka juga terpaksa menunda pertandingan kontra Persikabo 1973 yang seharusnya digelar dalam pekan ke-18 lalu pada 14 Januari 2023.

Persebaya enggan terganggu dengan keputusan penundaan laga itu. Jajaran pelatih Bajul Ijo pun langsung menyiapkan rencana untuk bisa meneruskan tren kemenangan di Liga 1. Kali ini, PSS harus jadi korban selanjutnya.

"Ketika melawan siapapun, selalu Coach Aji melihat lawan. Taktik strategi itu format apa yang terbaik. Artinya, setiap lawan itu berbeda. Misalnya di tengah siapa yang kuat, siapa yang diturunkan,” kata Mustaqim, asisten pelatih Persebaya.

 

 

 

2 dari 5 halaman

Tidak Kalah dalam Delapan Pertandingan

Persebaya kini telah membukukan catatan tak terkalahkan dalam delapan pertandingan terakhir. Mereka bahkan menorehkan lima kemenangan beruntun. Jika ditarik ke belakang, tim Bajul Ijo malah sudah melewati delapan laga terakhir tanpa kekalahan.

Mereka sempat bermain imbang kontra Persik Kediri, Persija Jakarta, dan Persis Solo. Namun, mereka kemudian menang melawan Dewa United di pengujung putaran pertama.

Berikutnya, tim Bajul Ijo juga selalu menang dalam empat laga putaran kedua. Persita Tangerang, Bhayangkara FC, Madura United, dan Borneo FC adalah korban terbaru Persebaya.

Tim asal Kota Pahlawan itu berhasil membukukan 12 gol dalam empat laga putaran kedua. Artinya, rata-rata mereka mencetak tiga gol per pertandingan.

 

 

 

3 dari 5 halaman

Teruskan Tren Kemenangan

Momen meneruskan tren kemenangan ini yang akan dikejar oleh Alwi Slamat dkk. Kendati demikian, Mustaqim juga menyadari bahwa ada kekurangan timnya yang perlu dibenahi demi bisa mengamankan poin penuh lagi.

"Paling tidak pemain kami melihat rekaman beberapa pertandingan lawan dan kami sendiri, ketika kami menang," Mustaqim menuturkan. 

"Ada momen-momen yang baik, itu yang harus kami lakukan. Ketika ada kekurangan, itu yang harus kami evaluasi. Begitu juga lawan,” ujarnya.

 

4 dari 5 halaman

Tren PSS

Di sisi lain, PSS Sleman sebenarnya sempat tiga kali menang berturut-turut melawan RANS Nusantara, Arema FC, dan Barito Putera. Tapi, terakhir mereka sempat takluk 0-2 dari Persib Bandung (3/2/2023).

Persebaya saat ini menduduki peringkat ketujuh klasemen sementara dengan 34 poin dari 21 pertandingan. Sedangkan PSS jauh ada di bawah, tepatnya posisi ke-14 dengan baru meraih 25 angka dari 22 laga.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer