Sukses


BRI Liga 1: Dapat Hukuman Berat usai Suporternya Rusuh di Pertandingan Vs Persija, PSS Legawa

Bola.com, Sleman - Komisi Disiplin (Komdis) PSSI akhirnya menjatuhkan sanksi kepada PSS Sleman. Hukuman itu diberikan akibat tindakan tak terpuji suporter saat laga kontra Persija Jakarta di Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Jumat (4/8/2023) malam WIB.

Laga pada pekan keenam itu dimenangkan oleh tim tamu dengan skor cukup mencolok 3-1. Kekalahan tersebut menyulut emosi pendukung Tim Elang Jawa (julukan PSS Sleman).

Beberapa suporter pun meluapkan kekecewaannya dengan merangsek ke lapangan tak lama usai wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir.

Situasi stadion sempat tak kondusif. Sejumlah suporter berhamburan masuk ke lapangan dan mengejar wasit. Juga melakukan pemukulan terhadap panitia pelaksana pertandingan.

Bahkan, ada oknum suporter PSS Sleman yang melampiaskan kekesalan dengan melempar botol air mineral ke arah tribune VIP.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Penutupan Tribune dan Denda

Merujuk kepada Pasal 70 Ayat 1, Ayat 4, dan Lampiran 1 nomor 5 Kode Disiplin PSSI Tahun 2023, PSS Sleman dikenakan sanksi penutupan sebagian stadion yaitu seluruh tribune selatan sebanyak dua pertandingan saat menjadi tuan rumah.

Penutupan sebagian tribune penonton ini dilakukan saat melawan Bhayangkara Presisi, Minggu (13/8/2023). Kemudian saat menjamu Persebaya Surabaya pada 26 Agustus 2023.

Dalam surat tersebut PSS juga dikenai denda Rp25 juta. Apabila terjadi pengulangan terhadap tindakan ini maka akan berakibat hukuman yang lebih berat bagi klub berjulukan Super Elang Jawa itu.

3 dari 5 halaman

Legawa

Media Officer PSS Sleman, Juan Tirta Abditama mengatakan, manajemen Laskar Sembada menerima sanksi yang diberikan Komdis. Dia berharap hukuman tersebut menjadi pembelajaran bagi seluruh elemen tim, tak terkecuali suporter.

"Kami sudah menerima surat dari Komdis terkait pelanggaran yang terjadi ketika PSS menghadapi Persija di Maguwoharjo beberapa waktu lalu. Komdis PSSI memberikan larangan berupa penutupan sebagian tribune stadion dalam hal ini tribune kuning Stadion Maguwoharjo sebanyak dua laga kandang PSS ke depan," ujar Juan kepada Bola.com, Kamis (10/8/2023).

"Tentu dari teman-teman Panpel maupun manajemen sudah berusaha maksimal untuk hal ini tidak terjadi, namun kami meminta maaf ternyata hal tersebut tetap terjadi,"

"Dan ini menyebabkan PSS fans tidak bisa mengisi penuh Stadion Maguwoharjo untuk mendukung kebanggaan berlaga. Semoga ini menjadi yang terakhir kali untuk PSS dan di laga selanjutnya PSS bisa meneruskan hasil positif," harapnya.

4 dari 5 halaman

Hukuman Tambahan

Di sisi lain, PSS Sleman juga berpotensi mendapat hukuman tambahan dari Komdis PSSI. Sanksi berupa denda bakal kembali didapat karena pada pertandingan melawan Persikabo 1973 di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Jawa Barat pada 8 Agustus 2023, terdapat lima pemainnya yang mendapatkan kartu kuning.

Kelima pemain tersebut adalah Thales Lira, Jonathan Bustos, Wahyudi Hamisi, Bayu Setiawan, dan Kei Sano. Nama terakhir bahkan harus mandi lebih cepat lantaran menerima kartu kuning kedua pada menit ke-74. Akibatnya Kei Sano pun terpaksa absen pada pertandingan selanjutnya.

Hanya saja, soal sanksi tambahan ini belum diumumkan Komdis PSSI. Kemungkinan hukuman tersebut akan diputuskan setelah Komdis menggelar rapat.

5 dari 5 halaman

Tengok Peringkat PSS di Klasemen

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer