Sukses


Pelatih Suwon FC Sanggah Rekrut Pratama Arhan untuk Marketing: Karena Dia Pemain Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pelatih Suwon FC, Kim Eun-joon, menjelaskan alasan pihaknya mendatangkan Pratama Arhan karena statusnya sebagai pemain Timnas Indonesia.

Selain itu, Kim membantah perekrutan Pratama Arhan ke Suwon FC pada awal tahun ini karena alasan orientasi bisnis atau meningkatkan popularitas.

Nyaris tidak pernah bermain selama dua musim ketika membela klub kasta kedua Liga Jepang, Tokyo Verdy, pada 2022-2023, Pratama Arhan memilih hijrah ke Suwon FC.

Karier fullback kiri berusia 22 tahun itu terbilang naik kelas lantaran Suwon FC adalah peserta K League 1 2024 alias divisi teratas Liga Korea Selatan.

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bukan Marketing

"K League tidak pernah merekrut pemain karena marketing. Kami mendatangkannya karena dia pemain Timnas Indonesia, itu alasannya," ujar Kim Eun-joon.

Pada September 2023, media Korea Selatan, Chosun, mengklaim bahwa Suwon FC tertarik dengan Pratama Arhan demi melebarkan sayapnya di pasar Asia Tenggara (ASEAN).

Ketika itu, Pratama Arhan baru sebatas dirumorkan bakal bergabung dengan Suwon FC dan masih berkostum Tokyo Verdy.

"Perhatian khusus diberikan kepada Indonesia. Suwon FC yang sedang membutuhkan pemain asal Indonesia. Sehingga mencari pemain berkualitas. Jadi, Arhan masuk daftar calon," tulis Chosun.

"Suwon FC berencana untuk meningkatkan pasar dan kinerja dengan merekrut Arhan. Dia sangat populer di Indonesia karena ketampanannya. Jumlah pengikut Instagramnya mencapai 5,97 juta," terang Chosun kala itu.

3 dari 3 halaman

TC di Jakarta

Pratama Arhan sudah mengikuti aktivitas bersama Suwon FC, yang saat ini sedang menjalankan pemusatan latihan di Jakarta pada 1-18 Februari 2024.

Arhan menggantikan peran Asnawi Mangkualam sebagai representasi Indonesia di kompetisi Negeri Ginseng.

Setelah dua musim memperkuat Ansan Greeners dan setahun bermain untuk Jeonnam Dragons, Asnawi memutuskan untuk pindah ke Thailand dan bergabung dengan Port FC.

Video Populer

Foto Populer