Sukses


BRI Liga 1: Nasib Laga Derby Jateng Buram, Persis Resah karena Tak Ada Koordinasi Resmi

Bola.com, Jakarta - Ketidakjelasan nasib pertandingan melawan PSIS Semarang pada pekan ke-29 BRI Liga 1 2023/2024 membuat gusar manajemen Persis Solo.

Hingga tiga hari menjelang laga, Laskar Sambernyawa tak kunjung memperoleh titik terang. Apabila merujuk pada jadwal resmi, partai ini rencananya berlangsung pada Kamis (14/3/2024) pukul 20.30 WIB.

Namun, sampai saat ini Persis belum mendapat kepastian soal lokasi pertandingan tersebut. Manajemen juga sudah menjalin komunikasi dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB). 

Komunikasi berupa surat resmi bernomor 0001/SP/PSS/III/2024 untuk mendapatkan kejelasan venue pertandingan bertajuk Derby Jawa Tengah itu.

"Kami ingin memastikan kejelasan venue pertandingan karena berkaitan dengan persiapan operasional, meliputi transportasi dan akomodasi ketika melakoni laga tandang,” bunyi pernyataan resmi klub, Senin (11/3/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

Tak Ada Koordinasi Resmi

Persis berasumsi bahwa laga pekan ke-29 ini akan tetap diselenggarakan sesuai jadwal semula. Sebab, hingga H-3 pertandingan, tidak ada koordinasi resmi berkaitan dengan perubahan jadwal. 

Sikap tim asal Kota Bengawan ini merujuk pada Regulasi Kompetisi 2023/2024 pada Bab II soal Peserta, Jadwal, dan Sistem Kompetisi. Aturan ini secara spesifik mengacu pada Pasal 8 Ayat 6 yang berbunyi:

“klub tuan rumah dari pertandingan tertentu hanya dapat mengajukan permohonan jadwal pertandingan atas dasar tidak diperolehnya izin pelaksanaan pertandingan dan kepolisian selambat-lambatnya 7 hari sebelum hari pertandingan yang telah ditetapkan LIB.”

 

 

3 dari 5 halaman

Butuh Kepastian

Tim asal Kota Bengawan ini berharap, kepastian soal lokasi pertandingan tersebut bisa segera menghasilkan titik terang.

Pasalnya, sampai saat ini, anggaran biaya tandang masih mengacu terhadap venue pertandingan di Semarang.

“Oleh karena itu, besar harapan Persis untuk kejelasan terkait venue bisa segera disampaikan secepatnya, mengingat rencana anggaran biaya tandang sudah disusun jauh-jauh hari,” jelas pihak klub.

“Jika ada perkembangan terbaru terkait laga pekan ke-29, Persis akan segera memberikan informasi terbaru melalui kanal portal resmi dan kanal sosial media resmi milik klub,” lanjut pernyataan tersebut.

 

4 dari 5 halaman

Kesulitan Dapat Izin

Panitia Pelaksana (Panpel) PSIS Semarang memang kesulitan mendapatkan izin penyelenggaraan pertandingan pekan ke-29 ini. Beberapa alternatif sebetulnya sudah diupayakan.

Beberapa opsi yang telah ditempuh ialah Stadion Moch Soebroto (Magelang), Stadion Sultan Agung (Bantul), Stadion Manahan (Solo), Stadion Brawijaya (Kediri) hingga Stadion Gelora Bangkalan (Madura). 

Sayangnya, PSIS kesulitan mendapatkan izin karena berbagai alasan. Pihak keamanan tak memberikan rekomendasi karena laga ini punya risiko tinggi. Sejumlah instansi pengelola juga tak menerbitkan lampu hijau karena faktor infrastruktur hingga alasan keamanan.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer