Sukses


Membawa Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Fase Gugur Piala Asia U-23 2024 adalah Mission Impossible buat Timnas Indonesia U-23?

Bola.com, Jakarta - Shin Tae-yong memikul beban berat dalam perjalanannya menukangi Timnas Indonesia U-23 pada Piala Asia U-23 2024. Banyak pihak berharap Skuad Merah Putih lolos hingga semifinal, yang berarti tiket menuju Olimpiade Paris 2024 semakin dekat.

Pada Januari 2024, Shin Tae-yong cukup percaya diri dengan mengatakan bahwa tiket Olimpiade Paris 2024 bukan sesuatu yang tidak bisa diraih.

"Saya rasa lolos ke Olimpiade 2024 bukan hal yang mustahil. Ini adalah tim Olimpiade," kata Shin Tae-yong dalam wawancaranya dengan media Korea Selatan, Sports Khan.

Menariknya, awal bulan ini Shin Tae-yong mengutarakan bahwa ia tidak bisa menjanjikan apapun. "Saya bukan Tuhan, jadi saya berusaha maksimal agar mendapat hasil yang baik. Sekarang sepak bola Indonesia sedang maju dan perjalanan masih jauh," kata Shin Tae-yong sebelum skuad Garuda bertolak ke Dubai, Senin (1/4/2024).

Jalan terjal, yang jelas, akan jadi penghalang Timnas Indonesia U-23, dan tentunya buat Shin Tae-yong. Bagaimana peluang Marselino Ferdinan dkk. mewujudkan impian tersebut?

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Persiapan Ala Kadarnya

Timnas Indonesia U-23 tidak dalam kekuatan terbaik saat bersaing dengan Qatar, Australia, dan Yordania. Beberapa pemain seperti Elkan Baggott, Beckham Putra, hingga Alfeandra Dewangga tak terangkut.

Nathan Tjo-A-On pada akhirnya bisa membela Timnas Indonesia U-23, dan sudah bermain saat kalah 0-2 dari Qatar pada laga pembuka. Itupun terkesan 'mau tak mau' karena sang pemain baru tiba setelah dilepas klubnya, Heerenveen.

Justin Hubner juga sudah dilepas Cerezo Osaka. Main atau tidak saat menghadapi Australia pada matchday 2 Grup A Piala Asia U-23 2024, masih belum bisa diketahui.

Melawan Australia, Timnas Indonesia U-23 dipastikan tak bisa diperkuat Ramadhan Sananta dan Ivar Jenner karena kartu merah. Laga nanti tak akan mudah bagi Shin Tae-yong.

 

3 dari 3 halaman

Cuma Dua Tim yang Berhak Lolos

Setelah kekalahan dari Qatar, peluang Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke fase gugur tentunya tak mudah. Dua lawan berikutnya, Australia dan Yordania, bukanlah tim sembarangan.

Australia yang dilatih Tony Vidmar menegaskan ambisinya lolos ke Olimpiade Paris 2024. Yordania pun ingin meniru prestasi seniornya pada Piala Asia 2023 dengan melaju hingga final.

"Saya tidak bisa bilang kami memiliki persiapan yang sempurna. Tapi, kami telah membangun tim dan berharap bisa memberikan penampilan bagus dalam turnamen ini," tegas Shin Tae-yong menimpali.

Di sisi lain, hanya dua tim tiap grup yang berhak lolos ke fase gugur. Dengan koleksi 0 poin dan wajib menang pada dua laga berikutnya, jelas Shin Tae-yong punya target bertajuk mission impossible.

Video Populer

Foto Populer