Sukses


Kans Wakil Asia Tenggara ke Perempat Final Piala Asia U-23: Timnas Indonesia U-23 dan Thailand Harus Menentukan Nasib Sendiri

Bola.com, Jakarta - Timnas Vietnam U-23 jadi tim Asia Tenggara pertama yang memastikan diri lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024. Mereka mendapatkan tiket ke fase knockout usai mengalahkan Timnas Malaysia U-23 di Khalifa International Stadium, Sabtu (20/4/2024) malam WIB.

Sepasang gol Vietnam U-23 dicetak lewat tendangan bebas Khuat Van Khang pada menit ke-39. Vo Hoang Minh Khoa menggandakan keunggulan via eksekusi penalti di menit ke-60.

Tambahan tiga poin menempatkan Vietnam U-23 di posisi kedua klasemen Grup D dengan enam angka, hasil dari dua pertandingan. Mereka memiliki poin sama dengan Uzbekistan U-23 yang bertengger di urutan pertama, tapi unggul selisih gol.

Ini menjadi kemenangan kedua Vietnam di Grup D. Sebelumnya, mereka menang 3-1 atas Kuwait U-23 (17/4/2024). Hasil yang cukup membawa mereka melaju ke babak delapan besar Piala Asia U-23 2024.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Vietnam U-23 Paling Besinar

Bisa dibilang, satu pertandingan tersisa di fase grup tidak lagi berpengaruh. Duel antara Vietnam U-23 kontra Uzbekistan U-23 hanya tinggal menentukan siapa yang akan memimpin klasemen akhir Grup D.

Pencapaian Vietnam U-23 tidak mengejutkan. Wajar jika mereka sukses melenggang ke fase berikutnya lebih dulu ketimbang tiga wakil ASEAN lainnya yang ambil bagian di Piala Asia U-23 2024.

The Golden Star memang memiliki prestasi lebih mentereng ketimbang tiga peserta lainnya macam Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Vietnam U-23 mencatat prestasi terbaik pada edisi 2018 ketika finish sebagai runner-up. Sementara pada 2022, langkah mereka terhenti di perempat final.

 

3 dari 4 halaman

Malaysia U-23 Tersingkir

Sementara itu, Malaysia U-23 menjadi wakil Asia Tenggara pertama yang angkat koper. Dua kekalahan yang diderita skuad Muda Harimau Malaya membuat mereka tidak lagi mampu bersaing di papan klasemen.

Sebelumnya, Malaysia U-23 takluk dengan skor 2-0 dari Uzbekistan U-23 (17/4/2024). Hasil itu menempatkan mereka di urutan ketiga klasemen sementara Grup D dengan nol poin. Posisi buncit dihuni Kuwait U-23 yang juga tanpa poin dari dua pertandingan.

Kegagalan ini sama dengan yang terjadi pada Piala Asia U-23 2022. Pada edisi itu Malaysia U-23 tampil sangat buruk. Skuad Muda Harimau Malaya bahkan menyelesaikan fase grup tanpa meraih satupun kemenangan.

 

4 dari 4 halaman

Indonesia U-23 dan Thailand Menentukan Nasib Sendiri

Sudah ada enam tim memastikan tempat di fase knockout. Tersisa dua slot lagi yang bisa didapatkan dua wakil Asia Tenggara yakni Timnas Indonesia U-23 dan Timnas Thailand U-23.

Garuda Muda berpeluang menemani Timnas Qatar U-23 yang sudah lebih dulu lolos ke babak gugur. Syaratnya, Timnas Indonesia U-23 minimal meraih satu poin saat berjumpa Timnas Yordania U-23 di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Qatar, Minggu (21/4/2024) pukul 22.30 WIB.

Timnas Indonesia U-23 saat ini berada di posisi kedua dengan tiga poin dari dua laga. Puncak klasemen ditempati Qatar dengan enam angka. Australia serta Yordania menghuni urutan ketiga dan keempat dengan satu poin.

Hasil seri melawan Yordania sudah cukup membawa Indonesia melaju ke fase berikutnya. Andai Australia menang atas Qatar di laga terakhir, Garuda Muda akan tetap lolos karena unggul head to head dari Olyroos.

Lantas, bagaimana dengan Thailand U-23? Skuad Muda Gajah Perang untuk sementara berada di peringkat kedua Grup C dengan tiga poin. Mereka mengumpulkan poin sama dengan Irak U-23, tapi Thailand unggul head to head.

Puncak klasemen Grup C ditempati Arab Saudi. Skuad Muda Green Falcons menggenggam tiket delapan besar setelah mengemas enam angka dari dua laga. Sedangkan Tajikistan di dasar klasemen belum punya poin.

Pada laga terakhir, Thailand U-23 bersua Tajikistan U-23. Duel kedua tim tersaji di Al Janoub Stadium, Senin (22/4/2024) pukul 22.30 WIB. Gajah Perang wajib meraih poin maksimal untuk melaju ke perempat final. Sembari berharap Irak kalah dari Arab Saudi dipertandingan pamungkas Grup C.

Video Populer

Foto Populer