Sukses


Ada Intervensi Pemerintah, Spanyol Terancam Gugur di Euro 2024 Lebih Cepat

Bola.com, Jakarta Spanyol dikabarkan berpotensi dikeluarkan dari perhelatan akbar Euro 2024. Kompetisi antarnegara Eropa yang akan dipertandingkan di Jerman itu akan dimulai dalam waktu kurang dari dua bulan lagi.

La Furia Roja menjadi salah satu tim yang termasuk di antara negara favorit untuk melaju jauh di edisi kali ini. Selain memiliki komposisi pemain yang bertalenta, Spanyol punya sejarah manis dengan memenangkan gelar Euro secara beruntun pada tahun 2008 dan 2012.

Namun, pada Euro 2020 mereka dikalahkan oleh juara saat itu, Italia, di babak semifinal.

Namun, menjelang kompetisi tahun ini, sebuah laporan mengeklaim bahwa Spanyol bisa saja dikeluarkan dari turnamen tersebut lebih dini. Seperti yang dilaporkan oleh The Sun, Spanyol bisa didiskualifikasi dari Euro 2024 karena terdapat campur tangan pemerintah dalam Federasi Sepak Bola Spanyol.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Intervensi Pemerintah

Selain itu, klub-klub Spanyol seperti Real Madrid dan Barcelona juga bisa dilarang dari Liga Champions musim depan. Sementara itu, penyelenggaraan Piala Dunia 2030 oleh Spanyol juga bisa dipertanyakan.

Presiden Dewan Olahraga Tertinggi Spanyol, Jose Manuel Rodríguez-Uribes, diduga telah mengirim surat kepada UEFA dan FIFA dalam upaya untuk menjelaskan mengapa pemerintah harus terlibat.

Namun, seperti yang diklaim oleh AS, UEFA dan FIFA tidak merespons surat tersebut dengan baik karena merasa RFEF, federasi sepak bola Spanyol, telah melenceng.

Kedua organisasi tersebut kemudian mengirim surat secara bersama untuk menyatakan bahwa bentuk campur tangan apa pun oleh pemerintah tidak akan ditoleransi.

3 dari 3 halaman

Ancaman Nyata

Sekarang, dikatakan bahwa dewan olahraga tertinggi harus memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini pada hari Jumat mendatang.

Berdasarkan dasar hukum dan/atau fakta apa komisi ini diangkat, Kemudian siapa yang menjadi anggota komisi dan siapa yang menunjuk anggotanya, mandat dari komisi ini.

Selain itu, kekuatan yang dimiliki oleh komisi ini, dan hubungan dengan badan-badan pengambil keputusan berdasarkan hukum di RFEF.

Laporan tersebut menyatakan bahwa jika jawabannya memuaskan, kemungkinan tidak akan diambil tindakan terhadap RFEF.

Namun, jika jawabannya tidak memuaskan, Spanyol bisa menghadapi penangguhan segera oleh UEFA dan FIFA. Akibatnya, La Furia Roja terpaksa didepak dari Euro 2024, bahkan sebelum peluit kick-off dibunyikan.

Sumber: Sport Bible

Video Populer

Foto Populer