Sukses


Sisi Positif Pemain Berdarah Belanda Gabung Timnas Indonesia: Mulai Banyak yang Ngelirik Nih

Bola.com, Jakarta Sekarang, tak ada lagi yang berani memandang remah Indonesia. Sukses Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 dan terkini melangkah ke semifinal Piala Asia U-23 2024 membuka mata dunia bahwa Indonesia layak diacungi dua jempol.

Bisa dibayangkan, betapa gegernya jagat sepak bola dunia jika Timnas Indonesia U23 bisa mengalahkan Guinea dalam laga playoff lalu lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Sukses timnas tersebut tentunya tak lepas dari kebijakan PSSI, di bawah komando Erick Thohir, membuka kran lebar-lebar bagi pemain keturunan via naturalisasi.

Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, dan Nathan Tjoe-A-On merupakan empat dari sekian banyak pemain naturalisasi yang kontribusinya tak perlu diperdebatkan lagi.

Nah, berkaca dari keberhsilan itulah, kini banyak pemain keturunan yang berharap bisa mendapat kesempatan memperkuat Timnas Indonesia lewat naturalisasi.

Salah satunya adalah Navarone Foor. Navarone saat ini bermain di visi dua Liga Turki bersama Bandirmaspor.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hasrat Navarone

Seperti Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, dan Nathan Tjoe-A-On, Navarone juga pemain keturunan yang lahir dan gede di Belanda.

Bermain sebagai gelandang, Navarone sosok pemain yang kaya pengalaman. Sebelum terbang ke Turki, playmaker berusia 32 tahun ini pernah sukses kala membela NEC Nijmegen (2011–2016) serta Vitesse Arnhem (2016–2020).

Kepada NEC Nijmegen, Navarone ikut berjasa mengantarkan klub itu promosi ke Eredivisie pada 2015.

Sedangkan kepada Vitesse Arnhem, dia kenang fans karena loyalitas dan totalitasnya di balik kesuksesan menggondol Piala Belanda pada musim 2016/2017.

Curhat lewat akun YouTobe Yussa Nugraha, Navarone menyatakan keinginan dirinya untuk memperkuat Timnas Indonesia.

3 dari 4 halaman

Ingin ke Indonesia

Menurut Navarone, jika PSSI menaturalisasi dirinya, maka dia akan tampil sepenuh hati. "Aku akan memberikan seribu persen untuk Timnas Indonesia," kata Navarone.

Sadar kalau PSSI hanya memberikan naturalisi kepada pemain mumpuni seperti yang diinginkan Shin Tae-yong, Navarone percaya diri kalau dirinya layak mendapat lampu hijau.

"Aku punya pengalaman yang banyak dan itu tentu saja bisa membantu pemain di Indonesia," ujarnya penuh keyakinan.

4 dari 4 halaman

Liga Turki

Navarone sudah terbiasa dengan kerasnya Liga Turki dan Belanda, termasuk pengalaman lain kala bermain di liga Uni Emirat Arab dan Latvia.

"Aku bermain di level yang pastinya bisa membantu mereka (Timnas Indonesia). Tentunya akan sangat bagus jika itu terjadi," katanya.

Navarone juga memberikan pujian kepada pemain naturalisi yang saat ini ada di skuad arahan Shin Tae-yong seperti Ragnar, Hubner, dan Thom Haye. "Mereka punya banyak pengalaman," kata Navarone.

Video Populer

Foto Populer