Sukses


Terkait Kuota Pemain Asing untuk BRI Liga 1 Musim Depan, Persis Tunggu Hasil Kongres PSSI

Bola.com, Solo - Persis Solo masih menunggu hasil Kongres PSSI untuk menentukan beberapa hal terkait tim untuk Liga 1 musim depan, termasuk perekrutan pemain asing.

Pernyataan tersebut diungkapkan Manajer Persis Solo, Chairul Basalamah, saat berbincang dengan Bola.com melalui sambungan telepon, Kamis (30/5/2024) pagi WIB.

Menurut Chairul, Persis masih menunggu apa saja hasil keputusan Kongres PSSI agar tidak mengganggu persiapan yang sudah dilakukan. Menurut informasi yang beredar dikalangan media, Kongres PSSI akan dilaksanakan pada 9 atau 10 Juni 2024.

"Segala sesuatunya kita masih menunggu ketok palu dari kongres PSSI. Jangan sampai persiapan atau perekrutan pemain kita lakukan, tiba-tiba berubah, jadi kita tunggu konkretnya dari PSSI," kata Chairul Basalamah.

Meski masih menunggu hasil Kongres PSSI, Chairul mengatakan manajemen Persis Solo tidak tinggal diam. Setidaknya, sudah ada beberapa langkah yang dilakukan manajemen Laskar Sambernyawa yang merupakan bagian dari persiapan tim.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Menggodok Posisi Pelatih

Di antaranya adalah menggodok beberapa nama pelatih yang ditawarkan kepada manajemen, termasuk nama pelatih musim lalu, Milomir Seslija.

Untuk pemain lokal, meski baru kesepakatan bicara, Chairul memastikan ada sekitar 60 hingga 70 persen pemain musim lalu yang bertahan. Namun, untuk pemain asing, seperti yang disampaikan sebelumnya, Persis Solo masih menunggu keputusan kongres PSSI, berapa kuota yang diputuskan.

Di kalangan media, beredar kabar kuota pemain asing musim depan akan bertambah yakni 6+1 atau 7+1. Musim lalu, Liga 1 memakai kuota enam pemain asing, dan semua pemain bisa tampil bersamaan.

"Untuk pelatih, top managemen sedang menggodoknya, termasuk Milo karena kemarin juga sempat ada pembicaraan. Untuk pemain lokal, ya ada sekitar 60 sampai 70 persen yang bertahan untuk musim depan. Tapi, kalau pemain asing, kita tunggu keputusan kongres ya, kalau tawaran dari agen sih sudah banyak," ungkapnya.

 

3 dari 6 halaman

Persiapan Selama 45 Hari

Terpenting, masih kata Chairul pada latihan perdana semua pemain yang direkrut diharapkan sudah lengkap termasuk pelatih. Menurutnya, Persis kemungkinan besar akan melakukan persiapan pada akhir Juni, dengan efektivitas waktu persiapan selama 45 hari.

Dalam waktu 45 hari itu, menurut Chairul sudah dirasa cukup untuk menyiapkan tim, mulai dari materi adaptasi pemain baru, pengembalian fisik pemain, mematangkan strategi hingga laga uji coba.

"Idealnya, kami nanti akan melakukan persiapan pada akhir Juni. Dengan masa persiapan selama 45 hari, kami kira cukup untuk menyongsong Liga 1 musim depan. Kalau persiapan terlalu lama pun itu tidak bagus juga," tuturnya.

 

4 dari 6 halaman

Raihan Musim Lalu Cukup Bagus

Pada musim lalu, Persis Solo finish di urutan ke-7 dengan torehan 50 poin hasil dari 34 laga yang dilakoni. Persis tercatat mampu memetik 14 kemenangan, delapan imbang, dan menelan 12 kekalahan.

Chairul menyebut raihan musim lalu sudah bagus mengingat banyak hal yang terjadi sejak putaran pertama seperti pemanggilan pemain ke timnas, pemain cedera, pergantian pelatih, hingga tidak bisa bermain di Solo karena stadion dipakai untuk Piala Dunia U-17.

Belum lagi ada beberapa pertandingan kandang yang berpeluang besar mendapatkan poin penuh seperti melawan PSS Sleman, harus digelar di kandang lawan. Chairul berharap, musim depan Tim Laskar Samber Nyawa bisa bersaing di lima besar.

 

5 dari 6 halaman

Pemain Luar biasa

"Sebenarnya, saya pribadi dan pelatih, kami ingin sekali dan berusaha keras untuk bisa masuk empat besar. Namun, kan banyak hal yang terjadi seperti ada pemain yang dipanggil timnas, ada pemain penting yang izin dan cedera, tapi itu tantangannya, itulah sepak bola," bebernya.

"Jujur saya tidak nyangka bisa finish di urutan ke-7, karena pas saya datang itu ada di posisi ke-15. Pemain luar biasa, kerja keras semua orang di tim dan manajemen, karena memang tidak bisa dikerjakan sendiri-sendiri, dan tentunya dukungan besar dari suporter, Terima kasih untuk suporter yang setia mendukung," Chairul Basalamah mengakhiri pembicaraan.

6 dari 6 halaman

Simak Posisi Akhir Musim Reguler:

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer