Sukses


Ogah Kalah Bersaing, Winger Muda Persebaya Sering Tambah Latihan Mandiri

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya memang menjadi tempat penggemblengan pemain muda. Menjelang Liga 1 2024/2025, ada nama winger muda Alfan Suaib yang menunjukkan perkembangan positif.

Alfan merupakan jebolan Persebaya U-20 yang dipromosikan ke tim senior sejak musim lalu. Sayangnya, dia hanya tampil dalam tiga laga dengan membukukan 31 menit bermain di Liga 1 2023/2024.

Kini, pemain berusia 20 tahun itu semakin berkembang selama pramusim. Pemain asal Ternate itu mengaku mencoba menambah porsi latihan sendiri demi bisa mendapatkan menit bermain.

“Saya selalu menambah porsi latihan, saya rasa itulah kuncinya saya bisa main seperti sekarang. Apalagi tim baru selesai libur lama, saya harus menekan diri sendiri untuk latihan mandiri,” ungkap Alfan.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Skill Asli Mulai Terlihat

Performa baiknya sudah muncul di laga uji coba. Dia sempat mencetak gol saat Bajul Ijo menang 6-0 atas Rakha FC dalam laga uji coba (24/6/2024).

Dalam laga melawan Rakha FC, Alfan dimasukkan pada babak kedua. Kecepatan dan dribbling-nya terlihat lebih mematikan. Alfan juga sangat sulit ditaklukkan dalam duel satu lawan satu.

Enam menit setelah dimainkan, Alfan melakukan aksi dari sisi kanan lalu menusuk ke tengah pertahanan Rakha FC. Ia menutup aksinya itu dengan melepaskan assist manis kepada Bruno Moreira.

Satu gol yang diciptakan Alfan pada menit ke-65 juga tidak kalah istimewa. Placing kaki kirinya ke tiang jauh tidak mampu diantisipasi.

3 dari 3 halaman

Terus Belajar

Namanya juga mencuri perhatian saat Anniversary Game melawan Persibo Bojonegoro (29/6/2024). Alfan Suaib masuk ke lapangan pada menit ke-54 menggantikan peran Oktafianus Fernando.

Masuknya Alfan membuat permainan Persebaya jauh lebih hidup. Dia beberapa kali mengancam lini pertahanan Persibo. Hingga di menit ke-68 akselerasinya diakhiri dengan tembakan keras jarak jauh, tapi bola berhasil diblok oleh kiper Persibo.

Selanjutnya pada menit ke-75 Alfan melakukan tusukan di sisi kanan. Dia lepas dari kawalan lalu melepaskan umpan tarik ke Bruno Moreira yang mampu dimaksimalkan untuk mencetak gol. Satu assist dibukukannya.

Alfan pun selalu mendengar dan menaati arahan dan evaluasi pelatih. Dia sadar, sebagai pemain muda masih melakukan banyak kesalahan di lapangan. Kesalahan itu ia jadikan pelajaran, dan dilakukan perbaikan.

“Semoga nantinya di lapangan semakin berkurang kelalaian dan kesalahan,” ucap winger kelahiran 24 Maret 2004 itu.

Posisi asli Alfan adalah winger kanan. Posisi yang di Persebaya cukup ketat persaingannya. Di sana ada Malik Risaldi dan Kasim Botan yang sama-sama hebat. Alfan harus bersaing keras dengan mereka untuk mendapatkan menit bermain yang banyak.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer