Sukses


Media Vietnam Soroti Pencoretan Pemain Keturunan Timnas Indonesia U-19 Jelang Piala AFF U-19 2024

Bola.com, Jakarta - Media Vietnam menyoroti komposisi pemain Timnas Indonesia U-19 untuk ajang Piala AFF U-19 2024. Mereka cukup terkejut dengan pencoretan salah satu amunisi keturunan Garuda Muda.

Dalam artikel berjudul "Indonesia menyisihkan pemain naturalisasi jelang turnamen AFF", media Vietnam yakni TheThao247.vn cukup heran dan penasaran mengapa pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri melakukan pencoretan itu.

Pemain yang dimaksud adalah Camara Ousmane Maket. Penyerang keturunan Guinea itu jadi satu di antara lima pemain yang tersisih dari skuad yang dibawa ke Surabaya. Empat nama lainnya yakni Aditya Ramadhan, Pramoedya Putra, Muhammad Nabil Asyura, dan Ferre Murari.

"Pelatih Indra Sjafri memutuskan untuk menghapus nama satu dari lima pemain naturalisasi: Camara Ousmane Maket, pemain yang ayahnya orang Guinea dan ibunya orang Indonesia," tulis TheThao247.vn seperti dikutip pada Kamis (11/7/2024).

"Artinya, Ji Da Bin, Marselinus Ama Ola, Welber Jardim, dan Jens Raven menjadi empat nama naturalisasi yang tetap dipertahankan di Timnas Indonesia U-19 persiapan menuju Piala AFF U-19 2024," sambungnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Yang Masih Bertahan

Berdasarkan daftar terbaru, Indra Sjafri memilih mempertahankan sebagian besar pemain yang belum lama ini mengikuti turnamen persahabatan internasional Piala Toulon 2024 di Prancis.

Yang menonjol adalah Welber Jardim, lanjut TheThao247.vn. Pemain berposisi bek itu memiliki ayah Brasil dan ibu Tionghoa-Indonesia. Meski baru berusia 17 tahun, Welber punya postur yang sangat ideal dengan tinggi badan 180 cm.

Saat ini, Welber Jardim bermain untuk salah satu klub Brasil, Sao Paulo U-17. Sebelumnya, Jardim sudah melakoni laga debutnya bersama Timnas Indonesia U-17 pada putaran final Piala Dunia U-17 2023.

Begitu pula dengan Jens Raven. Penyerang kelahiran Belanda itu memiliki nenek yang berkewarganegaraan Indonesia. Jens Raven ditopang tinggi badan menjulang yang mencapai 189 cm, meski usianya baru menginjak 18 tahun. Pemain kelahiran 12 Oktober 2005 itu saat ini bermain untuk klub Liga Belanda, Dordrecht U-21.

3 dari 4 halaman

Tergabung di Grup A

Sama seperti Timnas Indonesia U-16 yang beberapa waktu lalu berkiprah di Piala AFF U-16, persiapan Timnas Indonesia U-19 juga menjadi perhatian khusus media Vietnam. Apalagi, belakangan The Golden Star Warriors selalu gagal mengalahkan Tim Garuda.

Timnas Indonesia U-19 tergabung dalam Grup A Piala AFF U-19 2024 yang akan digelar di Surabaya pada 17-29 Juli 2024. Tim Garuda Muda berada satu grup dengan Kamboja, Filipina, dan Timor Leste.

"Ini adalah pengerucutan tim, dari 33 pemain, dikurangi lima pemain untuk dibawa ke Surabaya," jelas Indra Sjafri seperti dikutip dari situs resmi federasi.

"Nanti akan dikurangi lagi dari 28 pemain itu nanti hanya boleh 23 pemain. Jadi kami masih mengurangi lima pemain lagi nantinya didaftarkan ke AFF," imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Daftar Pemain

1. Ikram Algiffari - Semen Padang

2. I Wayan Artha Wiguna - Bali United

3. Fitrah Maulana Ridwan - Persib Bandung

4. Muhammad Mufli Hidayat - PSM Makassar

5. Muhammad Alfahrezi Buffon - Borneo FC

6. Rizdjar Nurviat Subagja - Borneo FC

7. Kadek Arel Priyatna - Bali United

8. Meshaal Hamzah Bashier Oman - Persija Jakarta

9. M. Iqbal Gwijangge - Barito Putera

10. Sulthan Zaky Pramana Putra Razak - PSM Makassar

11. Muhammad Farhan Sopiulloh - Persija Jakarta

12. Dony Tri Pamungkas - Persija Jakarta

13. Alexandro Felix Kamuru - Barito Putera

14. Welberlieskoot De Jardim - Sao Paolo FC

15. Fandi Bagus Pamungkas - Bhayangkara

16. Figo Dennis Saputrananto - Persija Jakarta

17. Muhammad Kafiatur - Dewa United

18. Ji Da Bin - ASIOP

19. Muhammad Darel Valentino Erlangga - Persib Bandung

20. Tony Firmansyah - Persebaya Surabaya

21. Arlyansyah Abdulmanan - Persija Jakarta

22. Muhammad Mufdi Iskandar - Malut Selection

23. Marselinus Ama Ola - UD Logrones

24. Muhammad Riski Afrisal - Madura United

25. Arkhan Kaka Putra Purwanto - Persis Solo

26. Rahmat Syawal - PSIS Semarang

27. Muhammad Ragil - Bhayangkara FC

28. Jens Raven - FC Dordrecht

Video Populer

Foto Populer