Sukses


4 Kandidat Kuat Pengganti Mourinho di Chelsea

Bola.com, London - Imbas jebloknya performa Chelsea musim ini membuat masa depan Jose Mourinho menjadi tanda tanya. Pasalnya, Mourinho saat ini sedang menghadapi isu pemecatan pascagagal mengangkat performa The Blues musim ini. Lalu siapakah kandidat manajer yang tepat menjadi pengganti The Special One?

Chelsea yang berstatus sebagai juara bertahan Premier League 2014-2015 kini justru terseok-seok di peringkat ke-16 dengan koleksi 15 poin dari 16 pertandingan.

Teranyar, The Blues menelan kekalahan 1-2 dari Leicester City di King Power Stadium, Selasa (15/12/2015) dini hari WIB. Kondisi ini membuat Mourinho berada di ujung tanduk. Isu pemecatan pun tak bisa dihindari.

Menurut bola.com, ada empat kandidat kuat jadi manajer Chelsea, jika petinggi The Blues memutuskan mendepak Mourinho dari kursi kepelatihan. Siapa-siapa saja mereka:

2 dari 5 halaman

1

1. Carlo Ancelotti

Nama Carlo Ancelotti muncul menjadi kandidat kuat setelah pelatih asal Italia itu kini menganggur atau tidak melatih klub manapun. Terakhir, Ancelotti menangani Real Madrid sebelum akhirnya mengundurkan diri pada 25 Mei 2014.

Bersama Los Blancos, Don Carletto berhasil mempersembahkan satu Liga Champions, Piala Super Eropa, Copa del Rey dan Piala Dunia antar Klub.

Peluang menunjuk Ancelotti sebagai suksesor Mourinho pun bukan hal yang mustahil, mengingat pria 56 tahun ini sempat menangani Chelsea pada musim 2009 sampai 2011. Selama tiga musim menangani The Blues, Ancelotti sukses mendatangkan satu Premier League, Piala FA, dan Community Shield.

3 dari 5 halaman

2

2. Guus Hiddink

Pengalaman Guus Hiddink menangani Chelsea pada 2009 membuat pelatih asal Belanda ini masuk dalam daftar kandidat kuat pengganti Jose Mourinho. Apalagi, Hiddink sukses mempersembahkan satu trofi Piala FA untuk publik Stamford Bridge pada 2009.

Jika Roman Abramovich tertarik membujuk Hiddink sebagai suksesor Mourinho, hal tersebut bukanlah hal yang mengherankan. Keduanya punya hubungan dekat cukup lama.

Mantan pelatih PSV Eindhoven tersebut secara terbuka mengaku menunggu tawaran melatih. "Sepak bola papan atas selalu saja menarik. Saya menerima beberapa tawaran baru-baru ini. Akan tetapi, masih belum ada tawaran yang saya inginkan. Kita lihat saja apa yang akan terjadi nanti," ujar Hiddink kepada Voetbal International.

4 dari 5 halaman

3

3. Unai Emery

Pelatih Sevilla, Unai Emery, masuk dalam daftar kandidat pengganti Jose Mourinho berkat prestasinya bersama klub berjulukan Los Nervionenses itu. Pelatih 43 tahun tersebut berhasil memberikan dua gelar Liga Europa pada musim 2013-2014 dan 2014-2015.

Keberhasilan Emery bersaing di Eropa dengan materi pemain yang dimilikinya saat ini diyakini membuat Roman Abramovich kepincut.

Kendati demikian, usia muda Emery menjadi pertimbangan lain bagi Chelsea. Pasalnya, The Blues pernah gagal dengan pelatih usia muda saat ditangani Andre-Villas Boas.

5 dari 5 halaman

4

4. Diego Simeone

Performa buruk Chelsea membuat jajaran manajemen waswas dan "gerah". Alhasil, nama Diego Simeone muncul sebagai daftar teratas calon suksesor Mourinho, jika Chelsea benar-benar memutuskan mencari manajer baru.

Meski baru menandatangani kontrak berdurasi lima tahun pada Maret lalu, menurut Mirror, dalam kontrak pelatih asal Argentina itu terdapat klausul pelepasan kontrak sebesar 15 juta poundsterling. Chelsea pun ditengarai tidak akan kesulitan mengeluarkan dana sebesar itu.

Sumber: berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini:

Video Populer

Foto Populer