Sukses


Xavi: Van Gaal Lebih Santai di Manchester United

Bola.com, Doha - Mantan gelandang Barcelona, Xavi Hernandez, menyebut Louis van Gaal terlihat santai di Manchester United ketimbang saat masih mengarsiteki klub lain.

MU menjadi klub kelima yang dilatih Louis van Gaal. Sebelumnya, meneer 64 tahun itu sudah malang melintang di klub Eropa semisal Ajax Amsterdam, Barcelona, AZ Alkmaar, dan Bayern Munchen.

Menurut Xavi yang pernah bermain di bawah asuhan Van Gaal ketika berseragam Barcelona menilai, pria asal Belanda itu terlihat lebih tenang dibandingkan biasanya. Xavi menyebut itu karena Van Gaal tak terlalu banyak menerima tekanan di Premier League. 

"Dia merupakan orang baik dan juga seorang pelatih luar biasa. Van Gaal memiliki karakter sangat kuat, tetapi dia terlihat tenang di Premier League karena tekanan yang lebih sedikit. Hal itu berbeda ketika dia masih mengarsiteki Barcelona atau Bayern Munchen" kata Xavi dalam petikan wawancara bersama ESPN, Senin (16/11/2015).

"Van Gaal adalah orang jujur, disiplin, dan seorang yang perfeksionis. Dia juga tipikal pelatih yang sangat menuntut, ketat, dan selalu ingin mencapai tingkat tertinggi," ucap Xavi.

Sejumlah pemain Manchester United dikabarkan keberatan dengan metode latihan yang diterapkan Van Gaal. Meski begitu, performa MU justru mengalami peningkatan di bawah arahan Van Gaal. Setan Merah kini menempati posisi keempat klasemen sementara Premier League dengan nilai 24.

Sumber: ESPN

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini:

Video Populer

Foto Populer